JawaPos Radar

Gempa Lombok, 6 Ribu Wisatawan Asing Dievakuasi

08/08/2018, 18:15 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Gempa Lombok, 6 Ribu Wisatawan Asing Dievakuasi
Menpar RI Arif Yahya (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI memastikan tidak ada korban jiwa akibat gempa bumi dari wisatawan khususnya wisatawan asing. Berdasarkan data yang dihimpun Kemenpar wisatawan asing yang berhasil dievakuasi sekitar 6 ribu orang.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan, semula data yang masuk ke Kemenpar jumlah wisatawan asing itu hanya 1.000 orang. Ternyata jumlah tersebut hanya untuk satu pulau yakni pulau Gili Terawangan. Sedangkan, secara keseluruhan dari tiga Pulau Gili, wisatawan asing yang berhasil dievakuasi mencapai 6 ribu orang.

“Semuanya berhasil dievakuasi sampai dengan Selasa kemarin,” katanya saat ditemui di Palembang, Selasa (8/8).

Ia mengaku, evakuasi pertama yang dilakukan yakni pada Senin (6/8) dimana untuk jumlahnya hanya 3 ribu wisatawan asing. Kemudian, dilanjutkan pada Selasa (7/8) sebanyak 3 ribu wisatawan asing. Sejauh ini tidak ada satupun wisatawan yang tidak dievakuasi.

Meskipun begitu, memang beberapa orang ada yang tetap memilih tinggal karena ingin bekerja di pulau tersebut. “Wisatawan asing yang berhasil di evakuasi ini dialihkan banyak ke Bali, kemudian ke Jakarta dan ke Surabaya,” tutupnya.

Seperti diketahui, Minggu malam (5/8) gempa berskala 7.2 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Akibat gempa tersebut, tercatat sedikitnya 82 orang meninggal dunia dan 209 orang mengalami luka-luka.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up