JawaPos Radar

Relawan Jokowi Ganti Nama

10/08/2018, 13:05 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Relawan Jokowi
Relawan Jokowi-Maruf Amin menggelar syukuran dan doa bersama. (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin mendaftar sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden. Hal itu disambut gembira sejumlah relawan pendukung. Salah satunya Relawan Jokowi-Maruf Amin (RJM). Mereka menggelar syukuran dan doa bersama.

Menariknya, relawan tersebut semula dideklarasikan untuk mendukung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD sebagai cawapres. RJM sendiri awalnya singkatan dari Relawan Jokowi-Mahfud MD. Kemudian diganti menjadi Relawan Jokowi-Ma'ruf Amin.

RJM tetap berkomitmen mendukung Jokowi meski batal berpasangan dengan Mahfud MD. "Komitmen kami, kalau (cawapres Jokowi) bukan Mahfud MD maka kami akan tetap lanjut,” tegas Ketua RJM M Chengho Djadi Galajapo di sela acara di Surabaya, Jumat (10/8).

Relawan Jokowi
Ketua RJM M Chengho Djadi Galajapo di sela acara di Surabaya, Jumat (10/8). (Moh Mukit/JawaPos.com)

Djadi mengungkapkan, ada banyak alasan untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf. Pertama, figur Jokowi yang dinilai sukses membangun bangsa selama menjabat sebagai presiden.

Sedangkan Ma'ruf Amin sendiri banyak memiliki kesamaan dengan sosok Mahfud MD. Keduanya juga dianggap mampu menangkal berbagai isu SARA. "Kinerja Pak Jokowi sebagai presiden telah sesuai dengan ekspektasi kami. Kiai Ma'ruf adalah tokoh ulama karismatik," imbuh Djadi.

Sebagai tindak lanjut, RJM akan memaksimalkan para anggota relawan yang terdiri atas 37 komunitas di Jawa Timur (Jatim). Mereka akan didorong untuk menyosialisasikan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

”Kami akan door to door untuk sosialisasi. Kami juga akan membentuk relawan di daerah-daerah. Targetntya jelas, menang mutlak,” tandas Djadi.

Sementara itu, doa yang digelar RJM dihadiri tokoh lintas agama. Seperti Islam, Hindu, Kristen, dan Buddha. RJM juga melakukan potong tumpeng berbahan dasar gethuk yang diakhiri dengan teriakan yel-yel dukungan.

(ce1/mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up