JawaPos Radar

Review Produk

Mengulas Asus VivoBook Flip TP-203, Laptop dan Tablet Tampil Mentereng

04/07/2018, 15:16 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Asus VivoBook, Asus Flip TP-203, Asus VivoBook Flip TP-203
Asus VivoBook Flip TP-203 (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Asus memperkenalkan produk laptop terbarunya yang berkonsep convertible akhir 2017 lalu. Perangkat yang dinamakan VivoBook Flip TP203 tampil dengan desain ringkas serta multifungsi sehingga mudah digunakan di manapun.

Perangkat berbobot 1,1 Kg ini disokong dengan prosesor Intel Quad Core Pentium N4200 dengan kecepatan menyentuh 2,5 GHz. Otak laptop tersebut diklaim mampu memberikan kinerja mulus saat menjalankan sistem operasi dengan berbagai program (multitasking).

“Pengguna yang mengidamkan laptop convertible dengan budget terbatas bisa menjadikan Asus VivoBook Flip TP203 sebagai pilihan,” ujar Galip Fu, Country Marketing Manager, Asus Indonesia.

Asus VivoBook, Asus Flip TP-203, Asus VivoBook Flip TP-203
Asus VivoBook Flip TP-203 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Lalu bagaimana kehebatan dan performa laptop hybrid dengan harga Rp 6 jutaan ini? Laptop ini menyasar segmen menengah ke bawah dengan pangsa pasar pelajar dan mahasiswa zaman now yang senang dengan kesan ringkas dan praktis. JawaPos.com berkesempatan merasakan langsung bagaimana performa laptop ini. Berikut ulasannya.

Desain

Laptop Asus VivoBook Flip TP-203 merupakan sebuah perangkat laptop hybrid. Sudah barang tentu dari segi desain, laptop ini memiliki kesan yang kompak. Berbobot sekitar 1,1 Kg, laptop ini sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemanapun kamu inginkan. Seperti dijelaskan di awal, laptop ini memiliki genre convertible. Maksudnya, Laptop ini bisa berubah fungsi menjadi tablet sekaligus.

Dengan layar yang terbilang mungil yakni hanya sebesar 11,6 inci, Asus VivoBook TP-203 telah dilengkapi dengan engsel yang dapat diputar hingga 360 derajat. Ini memudahkan pengguna untuk menggunakannya sebagai laptop pada umumnya hingga menjadi sebuah tablet.

Tidak hanya bobotnya yang menjadi lebih enteng dari sebelumnya, ukuran tubuhnya juga semakin tipis dan ringkas. Namun demikian, laptop ini masih memuat resolusi layar HD (1366×766) piksel berteknologi wideview angle, sehingga bisa dipandang dari sudut penglihatan yang lebih luas. Dengan begitu, pengguna akan sangat nyaman ketika menggunakannya.

Asus VivoBook Flip TP-203 dibalut dengan material plastik di keseluruhan bodinya. Namun berkat finishing yang apik membuat laptop mungil ini sekilas tampak terbalut dengan material alumunium.

Pada bagian dalamnya, jika layar dalam kondisi mati, keseluruhan bentang layar dan bingkainya akan membuat laptop ini memiliki kesan full view display. Ingat, hanya kesannya saja. Sebab, warna bingkai yang berwarna hitam serupa dengan warna layar saat dalam kondisi mati.

Bagian keyboard-nya dikelilingi material alumunium yang memberikan kesan mewah dan kokoh sekaligus. Pada bagian bawah juga tersemat area trackpad yang terbilang luas. Letaknya dibuat persis berada di tengah badan laptop bagian bawah.

Asus VivoBook Flip TP-203 memiliki dimensi keseluruhan yakni 11,5 x 7,8 x 0,67 inci. Untuk laptop sejenis dengan kelas yang sama, Asus VivoBook Flip TP-203 memiliki ketebalan yang cukup yakni setebal 2 sentimeter. Laptop ini juga hadir dengan dukungan port yang lengkap, antara lain, card reader, micro HDMI, dua buah USB 3.0, serta 1 buah USB Type-C.

Beralih ke sektor keyboard, pengalaman mengetik menggunakan perangkat mini bisa dibilang menyenangkan. Namun bagi kamu yang terbiasa menggunakan laptop konvensional 15 inci, beberapa kesalahan pengetikan akan kamu dapati. Sebab jarak antartuts pada keyboardnya terbilang tipis.

Apalagi untuk beberapa tombol tertentu seperti tombol arah kiri, kanan, atas, dan bawah yang sangat kecil. Salah-salah kamu malah akan menekan tombol shift yang terletak di atasnya. Oh ya, laptop ini juga tidak dilengkapi dengan fitur backlight, jadi pengalaman mengetik pada situasi kurang cahaya akan sedikit menyulitkan.

Trackpad-nya juga terbilang cukup lebar, asyik juga untuk digunakan. Tempatnya persis di tengah. Ada juga tombol klik kiri dan kanan, namun Asus sedikit ‘menyembunyikan’ dengan meletakannya di balik trackpad-nya yang ditandai dengan tanda visual berupa garis kecil. Responsnya juga lumayan sensitif dan responsif.

Multimedia

Beralih ke fitur multimedia, Asus VivoBook Flip TP-203 dibekali sebuah webcam dengan resolusi 1280x720 piksel. Kemampuan menangkap gambarnya terbilang lumayan seperti laptop di kelas yang sama.

Layarnya memiliki bentang seluas 11,6 inci dengan resolusi Full HD 1366x768 piksel. Bentang layar cukup lega untuk kegiatan mengetik, mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, serta melakukan video streaming dan browsing. Begitu pun dengan viewing angle-nya yang cukup bagus.

Karena laptop ini mengusung konsep hybrid yang menggabungkan fungsi laptop dan tablet sekaligus, pengalaman menggunakan layar sentuhnya juga cukup puas. Sebab touchscreen yang dibekali dengan teknologi 10 titik sentuh membuatnya cukup andal dan responsif. Namun perlu diingat, ini adalah perangkat hybrid. Jangan kamu bandingkan dengan tablet sungguhan yang dijual di pasaran.

Speaker-nya terletak di bagian bawah laptop. Asalkan tidak digunakan dengan alas yang berpotensi untuk menutup speaker seperti kasur atau bantal, kualitas suaranya masih bisa didengar cukup baik.

Performa

Sebagai pendukung kinerja utama, perangkat berbobot 1,1 Kg ini dilengkapi prosesor Intel Quad Core Pentium N4200. Prosesor tersebut memiliki kecepatan hingga 2,5 GHz untuk membuat kinerjanya mulus saat menjalankan sistem operasi dan berbagai macam program.

Kecepatan prosesor tersebut disandingkan dengan memori penyimpan sementara berkapasitas sebesar 4 GB berjenis DDR3 dengan kecepatan 1600MHz. Tidak hanya kencang ketika sedang mengolah sistem, prosesor ini pun sangat hemat daya karena mempunyai angka TDP hanya 6 watt. Laptop ini mampu bertahan hingga 8 jam lamanya ketika digunakan.

Asus VivoBook Flip TP-203 mengantongi sejumlah teknologi mumpuni yang menjadikannya semakin nyaman digunakan. Antara lain, layar sentuh dengan teknologi 10 titik sentuh dan fingerprint sensor. Fitur touchscreen 10 jari akan membuat display menjadi lebih responsif ketika digunakan.

Sementara itu, dari sisi media penyimpanan, Asus menyediakan storage berbasis harddisk drive sebesar 500 GB. Asus VivoBook Flip TP-203 juga dilengkapi teknologi audio Sonic Master untuk membuat audio lebih jernih dan kencang.

Pengalaman bekerja menggunakan laptop ini terasa menyenangkan. Desain hybrid dengan bentang layar 11 inci serta bobotnya yang hanya 1,1 Kg membuatnya sangat fleksibel, ringan, mudah dibawa dan digunakan dalam kondisi bekerja mobile.

Laptop ini menyasar segmen pelajar dan mahasiswa. Balutan pilihan warna yang menyertainya bisa membuat kaum pelajar dan mahasiswa akan semakin percaya diri saat beraktivitas.

Menegerjakan beberapa tugas pada laptop mungil ini juga cukup cepat. Namun perlu diingat, ini laptop kecil atau notebook yang tenaga dan prosesornya sangat terbatas. Beberapa pekerjaan ringan seperti melakukan pengetikan, tabulasi, browsing bisa dibabat habis oleh laptop ini hampir tanpa kendala.

Namun performanya akan sedikit menurun ketika kamu melakukan multitasking dengan beberapa jendela program sekaligus. Misalnya kamu membuka banyak website, disambi dengan mengetik melalui program Microsoft Office kemudian ditambah dengan mendengarkan musik atau video berbasis streaming. Seketika kipasnya akan berhembus kencang dan performa serta kecepatan olah data pada laptop ini sedikit menurun.

Tidak bisa disalahkan, sebab laptop ini memang tidak dirancang untuk hal tersebut. Sesuai dengan bentuk dan desainnya yang simple dan ringkas, pekerjaan yang dapat dilakukannya pun demikian.

Jika kamu seorang profesional dengan pekerjaan berat sangat tidak cocok membeli laptop ini. Namun ketika kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang hanya butuh laptop untuk sedikit membantu menyelesaikan tugas sekolah atau kuliahmu, laptop ini pantas untuk kamu miliki. Compact dan benar-benar praktis membawa laptop ini dengan tas tidak seberapa besar.

Beralih ke fitur lainnya, Asus VivoBook Flip TP-203 bisa diputar hingga 360 derajat ke belakang. Layarnya juga sudah touchscreen, makanya disebut laptop hybrid. Karena selain sebagai laptop, Asus VivoBook Flip TP-203 ini juga bisa berubah fungsi menjadi tablet.

Ketika kamu bosan dengan rutinitas pekerjaan dan tugasmu, kamu bisa mengubah laptop ini menjadi tablet untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya bermain game sederhana, ataupun hanya sekadar menonton film maupun video tutorial melalui Youtube.

Satu lagi kelebihan laptop ini adalah baterainya yang terbilang awet. Ketika dipakai bekerja maupun menonton video, laptop ini sanggup bertahan kurang lebih selama enam jam nonstop. Jadi kamu tidak perlu repot-repot melakukan pengecasan berulang-ulang ketika menggunakan laptop ini.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up