JawaPos Radar

Tik Tok Akhirnya Diblokir Kemenkominfo

03/07/2018, 18:53 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Tik Tok, Tik Tok diblokir, kominfo blokir Tik Tok
Aplikasi Tik Tok di Play Store (Screenshoot)
Share this image

JawaPos.com - Aplikasi media sosial berbagi video pendek Tik Tok kena blokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Tik Tok dianggap mengandung banyak konten negatif. Karena itu Kemenkominfo melakukan pemblokiran.

Menkominfo Rudiantara dalam pernyataannya mengatakan, Tik Tok kena blokir gara-gara membawa dampak buruk bagi anak-anak lantaran konten negatif di dalamnya. "Benar, Tik Tok kami blokir," kata Rudiantara kepada JawaPos.com, Selasa (3/7).

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) serta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait pemblokiran Tik Tok. Kita juga sudah minta Tik Tok untuk membersihkan kontennya," ujar pria yang akrab disapa Chief RA itu.

Tik Tok, Tik Tok diblokir, kominfo blokir Tik Tok
Live streaming Tik Tok. (Screenshoot aplikasi)

Rudiantara menuturkan, pemblokiran Tik Tok pendekatannya sama dengan ketika dirinya memblokir Bigo. Kemenkominfo meminta Tik Tok untuk berbenah diri agar nantinya bisa dimanfaatkan kembali. Seperti Bigo yang sempat diblokir dan akhirnya beroperasi kembali.

"Sebenarnya platform live streaming seperti Tik Tok bagus untuk ekspresi kreativitas. Namun jangan disalahgunakan untuk hal yang negatif. Dia (Tik Tok) harus memberikan jaminan dulu, kalau kontennya sudah bersih baru bisa kami buka kembali," ungkap RA.

Seperti diketahui, Tik Tok belakangan memang tengah populer. Aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya membuat video dengan latar musik singkat dan membagikannya ke media sosial lain seperti Instagram.

Tik Tok menjadi populer di kalangan anak muda lantaran penggunaannya yang mudah. Pengguna biasanya mengekspresikan kreativitasnya dengan goyangan alias joget dengan latar musik yang ada pada aplikasi tersebut.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up