JawaPos Radar

Formula 1 GP Azerbaijan

Drama Safety Car Bantu Hamilton Menangi GP Azerbaijan

29/04/2018, 21:33 WIB | Editor: Irawan Dwi Ismunanto
Lewis Hamilton, GP Azerbaijan, Berita Formula 1, Berita F1,
Lewis Hamilton memanfaatkan beberapa insiden di balapan GP Azerbaijan guna memenangi lomba. (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Sebuah drama yang dihadirkan safety car memicu perubahan besar pada pengujung balapan Formula 1 Grand Prix Azerbaijan di Sirkuit Baku, Minggu (29/4). Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjadi pihak yang memanfaatkan insiden tersebut guna merebut podium pertama.

Kemenangan Hamilton pada balapan kali ini memang diraih dengan cara dramatis. Beragam insiden mewarnai perlombaan, salah satunya saat duo Red Bull saling bertabrakan dan harus menghentikan balapan.

Hamilton juga memaksa Sebastian Vettel, yang memulai balapan dari posisi start terdepan, harus gigit jari. Pembalap Ferrari itu terpaksa puas finis di posisi keempat meski sempat menguasai perlombaan.

Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, GP Azerbaijan, Berita Formula 1, Berita F1,
Sebastian Vettel berada di belakang safety car pada balapan GP Azerbaijan. (AFP)

Sejak awal, perlombaan memang penuh drama. Balapan baru menempuh tiga tikungan, safety car sudah diturunkan ke lintasan pada putaran pertama. Insiden Kimi Raikkonen dan Esteban Ocon pemicunya.

Raikkonen tampak terhimpit dan tidak punya cukup ruang untuk menghindar saat berjibaku dengan Ocon. Akibatnya, kedua pembalap bersenggolan dan mobil Ocon sempat terpental ke udara sebelum menghantam dinding Tecpro.Raikkonen pun terpaksa masuk ke pit untuk mengganti sayap depan dan beralih ke kompon soft.

Di belakang duel Raikkonen-Ocon juga lebih dulu terjadi insiden di lurusan panjang setelah tikungan 2. Keramaian dan kekacauan pertarungan papan tengah membuat banyak sayap depan mobil bersentuhan dengan ban mobil lain. Sergey Sirotkin, Sergio Perez, Nico Hulkenberg, dan Fernando Alonso, menjadi korbannya.

Balapan kembali dilanjutkan pada lap kelima, dan Vettel melakukan restart yang bagus. Tiga pembalap terdepan menjauh dari rombongan, Vettel memegang keunggulan tiga detik lebih di depan Hamilton. Sementara Bottas berjarak lima detik di belakang mobil rekan setimnya.

Hamilton beberapa kali membukukan fastest lap dan memangkas ketertinggalan yang sempat menyentuh angka enam detik menjadi 3,8 detik. Tapi pembalap Inggris Raya itu melakukan kesalahan dan mengunci bannya saat mengerem di tikungan pertama.

Hal itu membuat Hamilton masuk ke pit pada lap berikutnya untuk beralih ke kompon soft berwarna kuning. Ia kembali bergabung ke trek di depan duo Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Duo Red Bull itu bertarung ketat sepanjang balapan dan bahkan sempat saling menghantam satu sama lain. Tapi tensi terus meningkat dan puncaknya terjadi saat Ricciardo menyundul bagian belakang mobil Verstappen saat mengerem di tikungan pertama.

Mobil Verstappen sempat terangkat oleh hidung mobil Ricciardo. Kedua mobil RB14 mengalami kerusakan dan tersingkir di ujung tikungan pertama.

Safety car kembali turun ke trek untuk yang kedua kalinya. Periode safety car diperpanjang setelah insiden aneh dialami Romain Grosjean yang kehilangan kendali dan menabrak dinding pembatas hingga tersingkir.

Balapan kembali dilanjutkan dengan sisa 8 lap. Vettel berusaha menyerang Bottas di sisi dalam tapi melakukan kesalahan dan mengunci bannya. Dia tersalip dua mobil dan melanjutkan balapannya di posisi keempat, di belakang Raikkonen.

Drama belum berhenti. Kali ini adalah sang pemimpin balapan, Bottas, yang diuntungkan keluarnya safety car pada beberapa lap sebelumnya. Pembalap Finlandia itu mengalami pecah ban, diyakini karena melindas serpihan, dan tersingkir dari balapan.

Hamilton memanfaatkan kesialan rekan setimnya itu untuk mengambil alih posisi terdepan dan menjaga keunggulan hingga akhir balapan. Raikkonen yang sempat mengalami insiden di awal lomba, mampu bangkit dan finis kedua, terpaut 2,5 detik. Di podium ketiga, Perez yang dikenai penalti waktu lima detikmampu unggul di depan Vettel.

Hasil balapan GP Azerbaijan:

1. Lewis Hamilton Mercedes
2. Kimi Raikkonen Ferrari +2.460
3. Sergio Perez Force India +4.024
4. Sebastian Vettel Ferrari +5.329
5. Carlos Sainz Jr. Renault +7.515
6. Charles Leclerc Sauber +9.158
7. Fernando Alonso McLaren +10.931
8. Lance Stroll Williams +12.546
9. Stoffel Vandoorne McLaren +14.152
10. Brendon Hartley Toro Rosso +18.030
11. Marcus Ericsson Sauber +18.512
12. Pierre Gasly Toro Rosso +24.720
13. Kevin Magnussen Haas +30.663
14. Valtteri Bottas Mercedes 3 lap
- Romain Grosjean Haas 9 lap
- Max Verstappen Red Bull 12 lap
- Daniel Ricciardo Red Bull 12 lap
- Nico Hulkenberg Renault 41 lap
- Esteban Ocon Force India
- Sergey Sirotkin Williams

(ira/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up