JawaPos Radar

Brasil, Kontestan Piala Dunia Pertama Yang Protes Soal VAR

20/06/2018, 01:41 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
Piala Dunia 2018, VAR, Timnas Brasil
Starting XI Timnas Brasil (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) tidak puas dengan sejumlah keputusan wasit dalam laga kontra Swiss di babak penyisihan grup E Piala Dunia 2018, Senin (18/6) lalu. CBF menilai ada kejanggalan karena wasit tidak memanfaatkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) yang memang diberlakukan selama perhelatan Piala Dunia berlangsung.

Menurut CBF, ada beberapa momen penting yang dilewatkan oleh sang pengadil. Karena itu, mereka melaporkan keluhannya pada FIFA agar mendapat keterangan lebih jelas soal adanya teknologi VAR.

"CBF minta penjelasan dari FIFA kenapa teknologi itu tidak digunakan dalam insiden kunci sepanjang pertandingan. Seharusnya ada langkah yang diambil untuk memperbaiki kesalahan dan jelas ada beberapa insiden yang terlewat sehingga tidak mengubah keputusan apapun," bunyi pernyayaan resmi CBF.

Menurut CBF, ada dua kejadian penting yang luput dari perhatian wasit. Pertama, saat Steven Zuber mencetak gol. Sebelumnya, ia terlihat mendorong Joao Miranda sehingga gol tersebut dianggap CBF sangat kontroversial.

Kedua adalah insiden dimana Gabriel Jesus dilanggar di area kotak terlarang. Wasit tidak meninjau lebih jauh peristiwa itu. Alhasil, Brasil gagal dapat penalti dan harus puas menelan skor imbang 1-1.

Dalam pertandingan tersebut, gol Brasil dicetak Philippe Coutinho menit 20. Namun di awal babak kedua, Zuber bisa menyamakan keadaan dan skor 1-1 bertahan sampai bubaran.

(bep/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up