JawaPos Radar

Luxury Home Bus: Hotel Bintang Di Dalam Kabin Bus

12/06/2018, 12:12 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Luxury Home Bus: Hotel Bintang Di Dalam Kabin Bus
Interior bersuasana hotel bintang (Istimewa for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com -  Berlibur dengan mobil mewah itu sudah biasa. Sedangkan berlibur ala gypsy dengan bus pribadi mewah itu sensasi. Salah satunya adalah modifikasi bus Mercedez Benz karoseri Adiputro yang bagian interiornya dimodifikasi oleh Baze.

Seperti apa sih kondisi jeroan bus ini? Bus mewah ini dibagi menjadi 3 ruangan. Meliputi, ruang penumpang, ruang santai atau ruang keluarga, dan ruang tidur. Di bagian ruang santai Anda bisa berkaraoke ria bersama sanak saudara. Sofa mewah yang empuk menunggu Anda di ruang itu. Kalau mau lihat video, juga ada di sana. Kabin ini pun dilengkapi dengan kitchen set.  Jadi, sembari menjelajahi jalanan Anda bisa menyalurkan hasrat berkuliner. Masih berada di dalam ruang keluarga, toilet mewah yang dilengkapi dengan wastafel juga dibangun di dalamnya.

Lelah usai berpesta bersama sanak saudara di ruang keluarga? Langsung saja menuju kamar tidur. Desainnya yang lux barangkali membuat Anda tak mengira kalau sebenarnya Anda sedang berada di dalam bus. Segmen kabin ini di desain mirip seperti kamar hotel bintang. Pokoknya, semua komponen interior dipilih yang berkualitas nomor wahid. Tak ketinggalan pula di ruang tidur juga dilengkapi dengan kamar kerja. Jadi, Anda bisa membaca atau mengerjakan tugas-tugas ringan di tempat itu sebelum tidur.

Luxury Home Bus: Hotel Bintang Di Dalam Kabin Bus
Kamar tidur lengkap dengan toilet mewah (Istimewa for JawaPos.com)

Menurut Bari Setiadi, pemilik Baze, untuk mendesain dan membuat interior satu unit bus besar menghabiskan dana antara Rp 200 juta – 800 juta. Sedangkan untuk bus sedang biayanya berkisar antara  Rp 150 juta – 200 juta.  Dalam sebulan ia bisa menggarap interior dua unit bus besar atau tiga unit bus sedang. 

Bari juga mengatakan, teknik yang digunakan sangat berbeda dengan teknik membuat interior rumah. Untuk membuat meja misalnya, ia harus memikirkan bagaimana meja itu tidak bergerak selama bus berjalan. “Jangan sampai meja ditaruh, saat mobilnya direm, mejanya ngegelinding. Jadi (dalam merancang) saya memikirkan segala yang ada di bus harus dibuat fixed, tidak bisa digeser. Bahkan saya harus memperhitungkan agar ketika mobil bergerak, semuanya tidak berbunyi,” ujarnya.

Sampai saat ini ia menjadi satu-satunya orang yang diakui sebagai perancang dan pembuat interior mewah untuk bus oleh banyak kalangan, tak terkecuali perusahaan karoseri. Bahkan, “Saya menjadi semacam sub-kontraktor dari perusahaan karoseri,” tuturnya. Kalau mendapat pesanan bus dengan interior mewah, perusahaan karoseri biasanya akan menyerahkan pekerjaan interior kepada Bari

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up