JawaPos Radar

Dari Segi Ketua Parpol, Rommy Disebut Pantas Jadi Cawapres Jokowi

16/07/2018, 01:15 WIB | Editor: Ilham Safutra
Dari Segi Ketua Parpol, Rommy Disebut Pantas Jadi Cawapres Jokowi
Ketua Umum PPP Romahurmuziy bersama Presiden Jokowi di Malang beberapa waktu lalu. (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pertarungan nama-nama yang akan dipilih sebagai cawapres untuk mendampingi Jokowi masih terus berlanjut. Kendati satu nama telah diumumkan, namun kandidat lain masih berpotensi untuk dipilih oleh capres petahana itu.

The Intiative Institute menggelar survei tentang siapa ketua parpol yang pantas menjadi cawapres mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Dari hasil surveinya terdapat beberapa nama.

CEO The Initiativ Institute Airlangga Pribadi menyebut ada beberapa nama yang dianggap pantas oleh responden. Namun nama M. Romahurmuziy memenuhi sejumlah kriteria.

Dari Segi Ketua Parpol, Rommy Disebut Pantas Jadi Cawapres Jokowi
Kebersamaan Ketum PPP Romahurmuziy dengan Presiden Jokowi (dok. JawaPos.com)

“Dari sekian parpol koalisi, Rommy dinilai paling memenuhi kriteria untuk mendampingi Jokowi pada periode kedua 2019-2024,” kata Airlangga Pribadidi Jakarta, Minggu (15/7).

Lebih jauh Airlangga menyebut, hasil survei ini sebetulnya menyatakan bahwa ketua parpol paling layak jadi cawapres itu adalah Prabowo Subinto. Tapi persoalannya, Gerindra tidak masuk dalam koalisi Jokowi. Selain itu Gerindra mengajukan nama Prabowo sebagai capres. Dengan demikian dapat dipastikan dia tidak akan digandeng Jokowi.

Sementara nama dianggap Rommy mengungguli sejulmah ketua parpol lainnya. Mulai dari Muhaimin Iskandar (Ketum PKB), Airlangga Hartarto (Ketum Partai Golkar), dan Surya Paloh (Ketum Nasdem).

Diketahui, survei yang digelar The Initiativ Institute itu mengambil tema ‘whats the elites want?’. Survei ini berlangsung pada 10-15 Juli dan dilakukan dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Respondennya memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh.

Para responden itu terdiri dari akademisi, jurnalis, pegiat LSM, hingga para professional. Dalam menilai kepemimpinan sejumlah nama yang masukd alam survei, para responden memilih integritas, mampu memecahkan masalah dan merakyat.

Menurut Airlangga, Rommy bisa dipilih sebagai Cawapres yang mewakili klaster pemuda. Di klaster ini juga terdapat beberapa nama. Yakni, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sementara untuk tokoh berlatar belakang Islam, Rommy masuk dalam tiga besar bersama Mahfud MD, TGB Zainul Madji.

Setidaknya ada kriteria yang membuat Rommy layak mendampingi Jokowi. Yaitu, ketua umum partai, tokoh muda, dan berlatar belakang Islam. Dalam semua kriteria itu para responden tidak ada yang menyebut Rommy memiliki nilai rendah.

(iil/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up