JawaPos Radar

Pilpres 2019

SBY Ajukan Satu Syarat Jika Berkoalisi Dengan Partai Demokrat

13/07/2018, 11:00 WIB | Editor: Ilham Safutra
SBY Ajukan Satu Syarat Jika Berkoalisi Dengan Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (Miftahulhayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Sikap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadapi Pilpres 2019 semakin jelas. Dia akan siap berkoalisi dengan kelompok mana pun. Asalkan bisa memenuhi syaratnya yakni cawapres yang digandeng dari koalisi tersebut adalah kader partai yang sedang dipimpinnya.

SBY mengklaim saat ini Partai Demokrat memiliki kader unggulan yang elektabilitasnya tidak bisa diragukan lagi di pentas Pilpres 2019. Makanya, dia berharap kader tersebut bisa menjadi cawapres. "Demokrat berharap kader terbaiknya bisa menjadi cawapres," ujar SBY dalam keterangan resmi berupa video yang didapat JawaPos.com, Kamis (12/7).

Dalam keterangan itu SBY tidak merinci siapa kader yang dimaksud. Namun kuat dugaan kader itu adalah putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kini menjabat sebagai Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat.

SBY Ajukan Satu Syarat Jika Berkoalisi Dengan Partai Demokrat
Kader Partai Demokrat dalam sebuah rakernas beberapa waktu lalu. (Radar Bogor/Jawa Pos Group)

Menurut presiden keenam ini, Partai Demokrat tidaklah harus berkoalisi dengan Joko Widodo atau Prabowo Subianto. Kedua capres itu bisa saja didukung, asalkan bisa mengakomodasi cawapres dari Partai Demokrat. "Kader Demokrat di seluruh Indonesia punya harapan cawapresnya berasal dari kader Demokrat," katanya.

‎Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, Partai Demokrat bakal bergabung dengan koalisi Gerindra apabila keinginannya diakomodasi yang menjadikan Ketua Kogasma AHY sebagai sebagai cawapres.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up