JawaPos Radar

Pilpres 2019

Salah Satu Alasan PKS Dukung Anies, Monas Dibuka untuk Kegiatan 212

11/07/2018, 14:07 WIB | Editor: Estu Suryowati
Salah Satu Alasan PKS Dukung Anies, Monas Dibuka untuk Kegiatan 212
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan (Zulhas), Kamis siang (5/7). (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sejumlah skenario terkait Pilpres 2019. Jika yang maju menjadi capres adalah Prabowo Subianto, maka cawapresnya haruslah salah satu dari kader terbaik yang telah direkomendasikan.

Akan tetapi, jika Prabowo memberikan mandat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, maka PKS ingin yang menjadi cawapres adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

Lantas, apa pertimbangan PKS menyodorkan skenario kedua, dengan Anies Baswedan sebagai capres?

Menurut Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, ada beberapa alasan Anies layak sebagai capres, jika Prabowo enggan maju. Salah satunya yaitu, mantan Mendikbud tersebut telah membuktikan janjinya bekerja untuk Jakarta.

Satu di antara kinerja yang bisa diklaim yakni penutupan hotel dan tempat spa Alexis. Kemudian, penghentian proyek reklamasi yang dianggap merugikan masyarakat.

"Beliau ini menunaikan janji tutup Alexis, reklamasi tutup, kemudian Monas dibuka bagi kelompok 212," ujar Mardani saat dihubungi, Rabu (11/7).

"Khususnya Anies ini harum namanya, dan PKS mendengar itu," katanya.

Mardani lebih lanjut mengatakan, PKS juga mendapat masukan khususnya dari para ulama mengenai Anies Baswedan. Mardani mengungkapkan belum lama ini PKS mendapatkan tamu dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI).

"Sehingga PKS sebagai parpol dasar itu trust kalau ulama, habib 212 sama Anies, ya kami harus menyuarakan," ungkapnya.

Namun, di samping menyuarakan Anies sebagai capres, Mardani menegaskan, PKS juga terus mempromosikan sembilan kader-kader berkualitas yang bisa menjadi capres maupun cawapres.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up