JawaPos Radar

Giliran Jero Wacik dan Choel Mallarangeng Ajukan PK

12/07/2018, 15:30 WIB | Editor: Kuswandi
Palu hakim
Ilustrasi: Palu hakim (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Setelah Anas Urbaningrum, Suryadharma Ali dan Siti Fadilah Supari mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung, kini giliran mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Jero Wacik dan Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng.

Surat permohonan PK Jero Wacik dan Choel Mallarangeng telah diterima oleh Mahkamah Agung melalui PN Tipikor Jakarta. "Jero Wacik dan Choel Mallarangeng mengajukan PK," kata Humas PN Tipikor, Jakarta Pusat, Sunarso, Kamis (12/7).

Mantan Menteri ESDM Hero Wacik merupakan terpidana korupsi pada kasus Dana Operasional Menteri (DOM), memeras sejumlah pihak saat menjabat sebagai Menteri ESDM, dan menerima suap.

Jero divonis 8 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsidier enam bulan kurungan oleh Mahkamah Agung (MA) pada tingkat kasasi. Jero juga diminta membayar uang pengganti sebesar Rp5,07 miliar.

Hukuman bagi Jero itu naik dua kali lipat dari vonis di tingkat pertama. Sebelumnya, Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis empat tahun penjara bagi Jero.

Sementara itu, Choel Mallarangeng merupakan terpidana korupsi anggaran pengadaan barang dan jasa proyek pembangunan lanjutan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olah raga Nasional (P3SON) di Hambalang sebesar USD 550 ribu dan Rp 2 miliar.

Atas perbuatannya, Choel divonis 3,5 tahun penjara dan denda Rp250 juta subsisidier tiga bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up