JawaPos Radar

200 Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Amankan Asian Games

11/07/2018, 09:40 WIB | Editor: Yusuf Asyari
200 Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Amankan Asian Games
Ilustrasi, Sebanyak 200 ribu personel gabungan TNI-Polri siap mengamankan gelaran Asian Games (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pengamanan Asian Games menjadi fokus utama kepolisian belakangan ini. Rencananya, ratusan personel gabungan dari Polri dan TNI akan dikerahkan.

"TNI dan Polri menempatkan petugas keamanan jumlahnya sangat besar, dua ratus ribu," kata Wakapolri Komjen Pol Syafruddin di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (10/7).

Pengamanannya pun, kata dia, lain daripada yang lain. Tak seperti Operasi Ketupat Jaya, kali ini TNI sifatnya tak lagi perbantuan.

"Tapi untuk Asian Games karena ini khusus dan sekaligus menjadi pelayanan khusus, TNI dan Polri bersama-sama di lapangan," jelas Syafruddin.

Intelijen turut serta dalam pengamanan Asian Games ini. Semua untuk mencegah peristiwa yang tidak diinginkan. "Investigasi mencegah kejadian yang akan terjadi itu kita tingkatkan secara tertutup. Tapi yang terbuka juga kita tingkatkan," bebernya.

Selain pengamanan, mereka juga melayani para tamu mancanegara. Sebab, kata Syafruddin, kontingen yang datang bukan hanya dalam misi olahraga tapi juga membawa misi ekonomi. "Terutama masalah misi pariwisata dan misi investasi," imbuhnya.

Pelayanan yang diberikan Polri khususnya mulai dari bandara. Para tamu akan diberikan gate khusus. "Mulai dari pengurus bandara, bea cukai dan imigrasi itu nanti ada pelayanan khusus. Itu namanya pelayanan khusus," pungkas Syafruddin.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up