JawaPos Radar

Jurus Perawat Skala Internasional di Tengah Tantangan Global

13/02/2018, 07:10 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Jurus Perawat Skala Internasional di Tengah Tantangan Global
Jurusan keperawatan MDIS Singapura. (Dok. MDIS)
Share this image

JawaPos.com - Perawat memiliki beban kerja yang berat untuk bersaing secara global. Tantangan di era digital membuat seluruh orang di dunia sangat dinamis dengan mobilitas yang tinggi. Hal itu membuat perawat harus memiliki strategi jitu dalam beradaptasi di tengah tantangan era digital.

The Management Development Institute of Singapore (MDIS) sebagai institusi nirlaba tertua di Singapura yang berdedikasi untuk pendidikan berkelanjutan, merasa perlu untuk mengembangkan eksistensinya baik di dalam negeri (Singapura) dan di kancah internasional.

Beberapa inisatif utama yang telah dilakukan diantaranya, memperkenalkan program sekolah keperawatan yang baru pertama kali dilakukan di sektor pendidikan swasta.

Selain itu, MDIS juga telah membuka kampus baru di Malaysia (MDISM), serta memperkenalkan beberapa program baru yang relevan dengan kebutuhan industri dan berfokus pada pengembangan keterampilan. MDIS juga merupakan pembuka jalan di industri pendidikan swasta untuk mengadakan beberapa kelas (courses) yang berkaitan dengan keterampilan yang akan dibutuhkan di masa depan.

"Industri kesehatan dan pendidikan swasta kini semakin kompetitif dengan keperluan pasien yang selalu berkembang," kata Sekretaris Jenderal MDIS Dr R Theyvendran, dalam keterangan tertulis, Senin (12/2).

Pembukaan sekolah Keperawatan MDIS juga selaras dengan insiatif pemerintah di sektor pelayanan kesehatan. Program baru ini akan menawarakan fasilitas yang telah dilengkapi untuk perawat yang telah terregistrasi (post-registered nurses). Selain itu, mahasiswa juga mendapat keterampilan praktik dan exposure terhadap profesi keperawatan.

Program ini juga menawarkan program untuk perawat yang belum teregistrasi (pre-registration) dalam waktu dekat, untuk memenuhi tingginya kebutuhan pada dunia keperawatan di masa depan.

"Perkembangan regional MDIS dan berbagai inisiatif yang telah dan akan dilakukan telah mendukung institusi pendidikan ini untuk berkomitmen secara penuh memajukan pendidikan skala internasional," tandasnya.

Peran perawat zaman now wajib memiliki keahlian memberikan konseling kepada pasien. Penyampaian edukasi kepada pasien bisa dilakukan dengan pendekatan persuasif, edukatif dan promotif.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up