JawaPos Radar

Wali Kota Solo Ziarah ke Makam Pendahulunya

22/06/2018, 13:52 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Wali Kota Solo
ZIARAH: Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo bersama jajaran di lingkup Pemkot Solo melakukan ziarah di makam mantan Wali Kota Solo, Jumat (22/6). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memperingati hari jadi ke-72. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah ziarah ke makam-makam mantan Wali Kota Solo. Sedikitnya ada empat makam yang dikunjungi.

Pertama, ziarah dilakukan di makam Wali Kota Solo pertama Sidoeredjo yang ada di Kelurahan Sewu, Jebres. Sindoeredjo merupakan Wali Kota Solo yang diangkat Komite Nasional Indonesia Daerah Kota Surakarta. Beliau menjabat hingga 15 Juli 1946.

Ziarah kemudian dilanjutkan ke makam mantan Wali Kota Solo XII Soekamto Prawirohadisebroto. Lokasinya di pemakaman Bibis Kulon, Nusukan, Banjarsari.

Kemudian rombongan juga berziarah ke makam Mantan Wali Kota Solo XV Slamet Suryanto. Letaknya di tempat pemakaman umum (TPU) Bonoloyo. Terakhir, ziarah ke makam Penjabat Wali Kota Budi Suharto di TPU Pracimaloyo.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, sebenarnya peringatan hari jadi Pemkot Surakarta jatuh pada Sabtu (16/6) lalu. Tetapi karena saat itu masih dalam masa libur, maka baru dilaksanakan hari ini.

"Kenapa hanya menziarahi empat makam ini, karena kami kesulitan untuk mencari makam mantan wali kota yang lain," kata Rudy yang memimpin kegiatan ziarah, Jumat (22/6).

Meski begitu, Rudy tetap meminta kepada jajarannya untuk segera menemukan makam mantan Wali Kota Solo yang lainnya. Seperti R. Koesnandar, Soemari Wongsopawiro dan lainnya. Sedangkan untuk makam mantan Wali Kota Solo lain seperti Hartomo berada di luar kota, yakni Temanggung.

Rudy menambahkan, ziarah ke makam mantan wali kota ini bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh jajaran. Khususnya untuk mengingat jasa para pemimpin terdahulu.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up