JawaPos Radar

Diguyur Hujan, Kebakaran Hutan Lawu Padam

20/06/2018, 21:54 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kebakaran Hutan
ILUSTRASI: Kebakaran lahan yang sempat melanda hutan di Gunung Lawu, Karanganyar, Jateng sudah bisa dipadamkan Rabu (20/6) sore. (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran lahan yang sempat melanda hutan di Gunung Lawu, Karanganyar, Jateng sudah bisa dipadamkan Rabu (20/6) sore. Kebakaran yang terjadi hampir 24 jam itu bisa dipadamkan setelah hujan mengguyur kawasan tersebut. 

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Bambang Djatmiko menerangkan, bahwa sebelumnya masih terlihat dua titik api. Tetapi, upaya pemadaman sudah dilakukan sejak pukul 08.00 WIB.

"Pemadaman dibantu dengan hujan yang mengguyur deras di lokasi, sehingga pemadaman bisa dilakukan lebih cepat," terang Bambang, Rabu (20/6). 

Sementara itu, saat ditanya mengenai penyebab kebakaran yang terjadi di petak 63 RPH Nglerak BKPH Lawu, utara KPH Surakarta diduga disebabkan oleh aktivitas warga yang membuat arang di sekitar lokasi.

Kemudian api pembakaran arang tersebut menyebar dan merembet kawasan hutan Gunung Lawu. Untuk itu, Bambang pun mengimbau kepada warga sekitar untuk tidak melakukan aktivitas di kawasan tersebut. "Apalagi kalau aktivitasnya menggunakan api di dalam hutan, bisa sangat berbahaya," ungkapnya. 

Terpisah, Asisten Perhutani BKPH Lawu Utara, Edy Saryono mengatakan, bahwa kebakaran yang terjadi di hutan tidak sampai merembet ke pepohonan. Melainkan hanya mengenai semak dan tumbuhan perdu saja.

Maka pihaknya pun tidak perlu melakukan penanaman pohon kembali. "Kalau penyebabnya kami belum bisa memastikannya, tapi untuk lokasinya memang cukup jauh dari jalur pendakian, masih turun sekitar 5 kilometer lagi," ungkapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up