JawaPos Radar

Pemudik Surabaya Favoritkan Tol Sisi Barat

Tidak Ada Kemacetan Panjang

14/06/2018, 17:00 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Jalan Tol
ILUSTRASI: Selama pelaksanaan arus mudik, banyak pengguna jalan yang melintasi tol fungsional di Jatim. Mereka jadi punya pilihan untuk memilih rute. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sehari menjelang lebaran, pemudik masih terlihat di jalanan Jawa Timur. Bisa dikatakan, mereka yang berangkat Kamis (14/6) ini adalah gelombang terakhir.

Selama pelaksanaan arus mudik, banyak pengguna jalan yang melintasi tol fungsional di Jatim. Mereka jadi punya pilihan untuk memilih rute. "Lima tol fungsional ini sangat membantu kami. Masyarakat banyak pilihan, sehingga tidak sampai ada kemacetan panjang," jelas Wadirlantas Polda Jatim AKBP M. Aldian kepada JawaPos.com, Kamis (14/6) siang.

Aldian mengatakan, puncak arus mudik di Jawa Timur terjadi pada Selasa (12/6) hingga Rabu (13/6) kemarin. Hari ini, kepadatan sudah terurai, tidak seperti dua hari lalu.

Wadirlantas Polda Jatim AKBP M. Aldian
Wadirlantas Polda Jatim AKBP M. Aldian (Dida Tenola/JawaPos.com)

Ruas tol fungsional tersebut juga banyak dilalui pemudik saat puncak arus mudik. "Yang paling banyak ruas tol di sisi Barat. Yaitu Mantingan-Ngawi, Jombang-Wilangan, dan Pandaan-Lemahbang," imbuh Aldian.

Mantan Kapolres Pasuruan itu melanjutkan, selama pelaksanaan arus mudik tidak ada kemacetan hebat yang terjadi. Paling cuma kepadatan dan bisa segera diurai oleh petugas di lapangan.

Setelah mengamankan arus mudik, polisi sudah bersiap untuk menghadapi arus balik mulai H+1. Aldian memprediksi, masyarakat memang tidak akan cepat-cepat untuk kembali ke daerah domisili. Sebab mereka punya waktu libur yang panjang.

Yang perlu diantisipasi polisi adalah kawasan wisata. "Biasanya orang setelah lebaran langsung liburan bersama keluarganya. Ini yang kami perhatikan, jalur-jalur wisata sudah siap kami jaga," ungkap alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1996 tersebut.

Salah satu jalur wisata yang menjadi perhatian adalah di Batu. Di sana terdapat banyak obyek wisata. "Kami prediksi H+1 tempat-tempat wisata itu akan lebih ramai dikunjungi," tutur Aldian.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up