JawaPos Radar

Objek Wisata Padang Dijamin Bebas Pungli, Laporkan Jika Ada

14/06/2018, 16:12 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pungli Objek Wisata
Kawasan Pantai Air Manis Kota Padang terpampang spanduk dengan nomor pengaduan. Bagi pengunjung yang merasa dipungli bahkan sampai diancam, silahkan lapor dan hubungi nomor yang telah disediakan tim Saber Pungli Kota Padang (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Objek wisata menjadi tempat sasaran, terutama bagi perantau yang tengah menikmati masa libur lebaran di kampung halaman. Sehingga, pemerintah dituntut membenahi ketertiban dan infratruktur, termasuk objek wisata di kawasan Sumatera Barat (Sumbar).

Memasuki lebaran 1439 Hijriyah/2018, pemerintah kota Padang menargetkan, semua kawasan objek wisata di kota Padang bebas pungutan liar (pungli). Mulai dari kawasan pantai padang dari kawasan Berok hingga Purus, maupun objek wisata pantai air manis.

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kota Padang, AKBP Kobul Syahrin Ritonga mengatakan, tim saber pungli telah menggalakan sosialisasi dan pembinaan pada masyarakat yang berada di semua kawasan objek wisata.

"Semua sudah diatur. Setiap pungutan resmi, ada bukti atau tanda terima. Yang tidak ada, berarti pungli dan kami akan tindak," kata AKBP Kobul Syahrin Ritonga pada sejumlah wartawan (14/6).

Lebih lanjut Wakapolresta Padang itu mengimbau, agar masyarakat di seputaran objek wisata untuk tidak coba-coba melakukan pungli. Apalagi, pungli disertai ancaman, paksaan kepada pengunjung. "Bagi masyarakat yang menjadi korban pungli di objek wisata kota Padang, segera laporkan via SMS/WA ke 08117180117," katanya.

Khusus di kawasan pantai air manis yang selalu banjir pengunjung saat lebaran, Dinas Pariwisata mengaku, telah menyediakan tempat parkir gratis yang berada di sekitar musalla Yusuf dalam kawasan pantai air manis.

"Mobil maupun sepeda motor pengunjung, tidak dibenarkan lagi masuk kawasan tepi pantai menggunakan kendaraan seperti hari-hari biasa sebelumnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up