JawaPos Radar

Jakarta Lengang, Sandiaga: Saya dari Rumah 20 Menit, Rekor!

14/06/2018, 18:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Jakarta Lengang, Sandiaga: Saya dari Rumah 20 Menit, Rekor!
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ruas jalan ibu kota terasa lengang memasuki H-1 Lebaran Idul Fitri 1439 H hari ini, Kamis (14/6). Beberapa titik kepadatan lalu lintas Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, hingga Jakarta Utara terlihat sepi kendaraan.

Hal tersebut dipastikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang merasakan sendiri nikmatnya perjalanan yang lancar. Siang tadi, dirinya berangkat dari kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menuju Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan waktu tempuh hanya 20 menit.

“Puji syukur di H-1 ini kita mulai merasakan lancarnya jalan di Jakarta tadi saya dari rumah 20 menit, rekor, nggak pernah terjadi sebelumnya,” ujar Sandi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6).

Berdasarkan data yang dimilikinya, saat ini sudah sebanyak 1,4 juta kendaraan pribadi yang keluar dari ibu kota. Mereka adalah pemudik yang menikmati libur Lebarannya di kampung halaman.

“Karena 1,4 juta kendaraan pribadi sudah keluar Jakarta, mobil dan motor sudah dibawa (mudik),” katanya.

Melihat kejadian itu, Sandi berharap ke depannya warga Jakarta akan terbiasa menggunakan transportasi massal. Dia menyebutkan, beberapa moda yang akan segera siap mengurai kemacetan, salah satunya yakni light rail transit (LRT).

“Hari ini contoh kira-kira begini nanti ke ke depan kalau warga Jakarta sudah meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah dan memilih angkutan masal seperti LRT,” terang dia.

Politikus Partai Gerindra itu meyakini, masyarakat akan lebih pandai dalam memilih transportasi untuk melakukan perjalanan ke kantor ataupun aktivitas lainnya. Menurutnya, pemilihan kendaraan berbasis rel adalah hal yang tepat.

“Seperti inilah masa depan Jakarta. Jalan-jalan sudah lebih lengang dan masyarakat konversi ke kendaraan berbasis rel,” pungkas Sandi.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up