JawaPos Radar

Di Gedung Sate, Gubernur Jawa Barat Jadi Saksi Nikah Massal

12/05/2018, 23:31 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Nikah Massal
NIKAH MASSAL: Tujuh pasangan ikut nikah masal dalam rangkaian agenda gelaran West Java Coffee & Art (WJCA) Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan bank bjb di Masjid Al- Muttaqin, Bandung, Sabtu (12/5). (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tujuh pasang pengantin mengikuti acara nikah massal yang diadakan Pemprov Jawa Barat bersama Bank Bjb. Uniknya pernikahan tersebut disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) di Masjid Al Muttaqin Gedung Sate, Bandung, Sabtu (12/5).

Aher berpesan kepada ketujuh mempelai agar memiliki niat pernikahan yang abadi. Karena pernikahan sesuai ajaran Agama Islam memiliki dimensi duniawi dan ukhrawi sekaligus. "Maka setelah wafat, di akhirat kelak ketika masuk surga akan menjadi suami-istri dan keluarga lagi," kata dia.

Untuk itu, lanjutnya, ketika menikah maka niatkanlah untuk memiliki pernikahan yang abadi dan kekal seumur hidup. Karena nikah adalah niat keabadian untuk membangun keharmonisan dalam keluarga. "Kalau sudah ada niatan menikah, jangan ditunda. Jangan tunda pernikahan karena permasalahan biaya," ujarnya.

Dalam acara nikah massal tersebut, tujuh pasangan mengikuti beberapa prosesi atau adat Sunda yang selalu melekat saat pernikahan. Dari mulai saling menyuapi nasi kuning kepada pasangan, betot bekakak atau rebutan ayam bakar dengan saling cara ditarik hingga acara mapag penganten.

Kegiatan ini pun menjadi suatu solusi Pemprov Jabar dalam memfasilitasi masyarakat yang ingin menikah. "Berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin dan pesertanya bertambah setiap tahunnya," pungkasnya.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up