JawaPos Radar

Begini Penampakan Pemimpin Taliban Baru

24/06/2018, 14:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Begini Penampakan Pemimpin Taliban Baru
Mufti Noor Wali Mehsud resmi terpilih sebagai pemimpin Taliban yang baru pada Sabtu, (23/6). (Express)
Share this image

JawaPos.com - Kelompok Taliban mendapat pemimpin baru setelah pemimpin sebelumnya, Fazlullah tewas dalam serangan udara di Afghanistan. Juru Bicara Taliban Muhammed Khorosani mengatakan, Mufti Noor Wali Mehsud resmi terpilih sebagai pemimpin Taliban yang baru pada Sabtu, (23/6).

Mehsud terpilih seminggu setelah pemimpin sebelumnya, Mullah Fazlullah tewas dalam serangan udara yang dilakukan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan beberapa waktu lalu. Fazlullah tewas dalam sebuah serangan udara di Provinsi Kunar, Afghanistan Timur 15 Juni lalu, seperti dilansir Reuters pada Sabtu, (23/6).

Tewasnya Fazlullah awalnya berkemungkinan meredakan ketegangan antara AS dan Pakistan karena Washington menyalahkan Pakistan yang dinilai melindungi militan yang melakukan serangan di Afghanistan. Namun Pakistan telah membantah bahwa mereka membantu militan.

Begini Penampakan Pemimpin Taliban Baru
Taliban memilih pemimpin barunya (The Indian Express)

Khorosani mengatakan, tewas dalam perang atau serangan adalah sebuah kebanggaan bagi semua pemimpin militan. Itu merupakan kehormatan menjadi seorang martir. Dua pemimpin pendahulu Fazlullah juga tewas dalam serangan pesawat drone.

Ini merupakan kali pertama bagi Taliban mengakui kematian Fazlullah secara terbuka. Mehsud ditunjuk sebagai wakil pemimpin oleh Fazlullah setelah komandan kedua sebelumnya, Khalid Mehsud juga tewas di Provinsi Paktika Afghanistan.

Taliban Pakistan telah melancarkan pemberontakan. Mereka ingin membentuk pemerintahan garis keras di Pakistan. Namun sebagian besar militan mereka kini telah melarikan diri ke Afghanistan.

Mereka kemudian terpisah dari Taliban Afghanistan yang memerintah Afghanistan selama lima tahun sebelum digulingkan dalam intervensi militer yang dipimpin AS pada 2001 silam.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up