JawaPos Radar

Dicemooh Media, Trump Tunjukkan Kekuatannya dengan Undang Putin ke AS

21/07/2018, 05:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Dicemooh Media, Trump Tunjukkan Kekuatannya dengan Undang Putin ke AS
Trump dan Putin selalu terlihat akrab saat mereka bertemu (AP)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Washington musim gugur ini. Pertemuan tersebut guna membantah kritik media terhadap Trump.

Menurut Gedung Putih, pertemuan tersebut dilakukan guna membantah derasnya kritik di AS atas kegagalan Trump yang secara terbuka menghadapi Putin di pertemuan puncak pertama 2016 lalu.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, empat hari setelah Trump mengejutkan dunia dengan memihak Putin atas badan intelijennya di Helsinki. Dia meminta penasehat kemanan nansional John Bolton untuk mengeluarkan undangan kepada pemimpin Rusia.

Dicemooh Media, Trump Tunjukkan Kekuatannya dengan Undang Putin ke AS
Trump undang Putin ke AS (Reuters)

Hingga kini, masih menjadi misteri mengenai apa yang terjadi di antara Trump dan Putin pada Senin lalu. Bahkan para pejabat tinggi dan anggota parlemen AS mengatakan, mereka tidak diberi pengarahan.

Baik Trump dan Putin sebelumnya saling memuji pertemuan pertama mereka sebagai keberhasilan. Trump bahkan mengutip diskusi tentang kontraterorisme, keamanan Israel, proliferasi nuklir, serangan dunia maya, perdagangan, Ukraina, perdamaian Timur Tengah, dan Korea Utara.

"KTT dengan Rusia adalah sukses besar, kecuali menurut musuh sesungguhnya rakyat sepeeti media berita Palsu," ujar Trump seperti dilansir Reuters.

Putin mengatakan KTT di Moskow berhasil secara keseluruhan dan mengarah pada beberapa perjanjian yang berguna. Namun tanpa merinci perjanjian.

Undangan Trump ke Washington pasti akan dilihat sebagai kemenangan oleh Putin. Sebab ia terakhir melakukan kunjungan resminya ke AS pada 2007.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up