JawaPos Radar

Indonesia-Malaysia Siap Konservasi Badak

19/07/2018, 04:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Indonesia-Malaysia Siap Konservasi Badak
Indonesia-Malaysia konservasi badak (Getty Images)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah akan mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Senin, (23/7), di Jakarta. Ini merupakan kunjungan bilateral pertama Saifuddin sejak dilantik sebagai Menlu Malaysia.

"Seperti kita ketahui Menlu RI merupakan menteri di ASEAN pertama yang mengucapkan selamat kepada Menlu Malaysia, dan ini merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia sejak dilantik," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Kementerian Luar Negeri pada Rabu, (18/7).

Menurut Direktur Asia Tenggara Denny Abdi, salah satu isu yang akan dibahas kedua menlu adalah konservasi badak. Seperti diketahui, badak merupakan spesies yang langka di dunia.

"Malaysia mempunyai dua ekor badak, Indonesia punya beberapa walaupun jumlahnya menurun. Melalui para ahli kita mencari cara agar mempertahankan supaya badak-badak ini tetap memiliki keturunan," kata Denny.

Menurutnya, jika kedua negara berhasil maka ini akan menjadi prestasi dunia. Konservasi badak sendiri dipusatkan di Sabah, Malaysia dan di Lampung, Indonesia.

Ketika ditanya biaya konservasinya akan memakan biaya berapa, Denny mengatakan belum mengetahui detilnya. Ia menjelaskan negara-negara lain dan para ahli berkolaborasi untuk konservasi badak ini.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up