JawaPos Radar

Krisis Ekonomi Parah, Orangtua Terpaksa Serahkan Anaknya ke Pihak Lain

15/07/2018, 14:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Krisis Ekonomi Parah, Orangtua Terpaksa Serahkan Anaknya ke Pihak Lain
Krisis ekonomi di Venezuela, toko-toko sampai kehabisan stok barang (Agora Cosmopolitan)
Share this image

JawaPos.com - Krisis ekonomi Venezuela, selain menyebabkan warganya harus rela menjual barang-barang di rumahnya untuk bertahan hidup juga terpaksa membuat beberapa orangtua harus rela menyerahkan anak-anak mereka kepada pihak lain.

Melalui tiga dewan lokal dan empat kelompok kesejahteraan nasional diketahui bahwa jumlah orangtua yang menyerahkan anak-anak mereka ke negara, badan amal, teman dan keluarga mereka semakin bertambah.

Baru-baru ini seorang bayi laki-laki ditemukan di Ibu Kota Caracas. Bayi tersebut telah ditinggalkan orangtuanya dan diletakkan di dalam sebuah tas. Selain bayi malang tersebut, sebelumnya juga ditemukan seorang bayi ditemukan di sebuah kardus di Ciudad Guayana.

Krisis Ekonomi Parah, Orangtua Terpaksa Serahkan Anaknya ke Pihak Lain

Hal itu menjadi tren belakangan karena inflasi Venezuela yang sangat parah. Venezuela juga mengalami penurunan nilai mata uang yang kondisinya makin terpuruk selama setahun terakhir.

Seorang ibu yang menyerahkan puterinya kepada tetangganya Oktober lalu, Zulay Pulgar mengatakan, hidup mereka seperti sudah berada di akhir zaman. "Lebih baik anaknya diasuh keluarga lain yang lebih mampu daripada masuk ke perangkap prostitusi, narkoba, atau mati kelaparan," ujar Pulgar seperti dilansir Independent.

Ibu dari tujuh anak berusia 42 tahun tersebut mengaku, keluarganya hidup hanya mengandalkan pensiun sebesar USD 6 per bulan. Suaminya bahkan seorang pengangguran. Dia menyerah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang tak sedikit.

Satu porsi ayam harganya menghabiskan setengah pendapatan bulanan mereka. Makanya mereka bertahan hidup dnegan makan roti, kopi, dan nasi.

Nani Garcia, 54 tahun, yang merupakan tetangga yang mengambil alih asuh puteri Pulgar. Ia mengaku akan merawatnya dengan baik.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up