JawaPos Radar

Menlu AS: Kim Jong Un Paham Denuklirisasi Harus Dilakukan dengan Cepat

14/06/2018, 18:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Menlu AS: Kim Jong Un Paham Denuklirisasi Harus Dilakukan dengan Cepat
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan, Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sudah memahami kalau denuklirisasi harus dilakukan dengan cepat (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan, Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sudah memahami kalau denuklirisasi harus dilakukan dengan cepat. Pompeo juga mengungkapkan, tidak akan ada sanksi bagi Pyongyang sampai prosesnya selesai.

Washington tetap berkomitmen pada denuklirisasi yang lengkap, dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah kembali. Ia mengatakan ini setelah adanya kecaman bahwa Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) AS-Korut di Singapura kurang merinci isu utama.

"Kami percaya Kim Jong Un memahami urgensinya, bahwa kami harus melakukan ini dengan cepat," katanya dilansir AFP, Kamis, (14/6).

Menlu AS: Kim Jong Un Paham Denuklirisasi Harus Dilakukan dengan Cepat
Kim dan Trump laksanakan KTT di Singapura (AP)

Pompeo berada di Seoul untuk memberi penjelasan kepada Korea Selatan (Korsel) dan Jepang atas KTT AS-Korut. KTT pertama antara pemimpin kedua negara. KTT ini juga menjadi kemenangan bagi Presiden AS Donald Trump yang mengatakan, dunia dapat tertidur nyenyak karena tak ada ancaman Korut lagi.

Trump mengatakan, AS akan menghentikan latihan militer bersama dengan Korsel. Ini akan dihentikan selama negosiasi sedang berlangsung dengan Korut, tentunya ini sebuah pengumuman yang mengejutkan Seoul.

"Namun aliansi AS-Korsel tetap kuat seperti sebelumnya", kata Menteri Luar Negeri Seoul, Kang Kyung Wha pada konferensi pers didampingi Pompeo dan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono.

Pompeo dijadwalkan terbang ke Beijing untuk bertemu rekannya dari Tiongkok setelah pertemuan di Seoul.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up