JawaPos Radar

Dikontrol Ketat, Media Korut Telat Siarkan KTT Kim-Trump

13/06/2018, 14:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Dikontrol Ketat, Media Korut Telat Siarkan KTT Kim-Trump
Kim dan Trump laksanakan KTT di Singapura (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Pertemuan bersejarah antara Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang dilaksanakan kemarin menjadi trending topic di berbagai media. Namun tidak ada satu pun media Korut yang langsung menaikkan berita tersebut.

Korut merayakan keberhasilan Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) antara Kim Jong Un dengan Trump sebagai kemenangan besar bagi negara mereka. Media Korut melaporkan, AS berniat mencabut sanksinya terhadap Korut. Trump dan Kim melaksanakan pertemuan bersejarah pada Selasa (12/6), di Pulau Sentosa, Singapura.

Keduanya menandatangani Deklarasi Denuklirisasi Semenajung Korea dan akan mengurangi ketegangan di antara kedua pihak. Usai pertemuan tersebut Trump mengatakan, sanksi terhadap Korut akan tetap berlaku untuk saat ini. Namun, mengenai denuklirasasi tidak lagi menjadi faktor utama.

Dikontrol Ketat, Media Korut Telat Siarkan KTT Kim-Trump
Kim dan Trump denuklirisasi Semenanjung Korea (Infografis: Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Selain itu, Trump juga mengumumkan keputusan yang tak terduga yakni membatalkan latihan militer AS dan Korea Selatan (Korsel). Pyongyang telah menuntut langkah tersebut sejak lama dan telah dilihat sebagai konsesi besar bagi Korut.

Tampaknya keputusan itu juga mengejutkan sekutu AS di wilayah tersebut, seperti dilansir BBC pada Rabu (13/6). Sejak saat itu Pentagon berusaha meyakinkan sekutu-sekutunya mengenai komitmen keamanannya yang terkenal ketat.

Media Korut memang dikontrol oleh Pemerintah Korut dan hanya melaporkan kegiatan para pejabat secara positif. Tentunya jarang melaporkan aktivitas pemimpin mereka Kim secara real-time. Namun, hari ini pemberitaan mengenai KTT di Singapura pada Selasa (12/6) berada di halaman depan dengan beberapa gambar Kim bersama Trump.

(ce1/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up