JawaPos Radar

Kanada Siap Pimpin Latihan Militer NATO di Irak

12/07/2018, 14:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kanada Siap Pimpin Latihan Militer NATO di Irak
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, negaranya menawarkan diri memimpin misi pelatihan militer baru NATO di Irak (Daily Star)
Share this image

JawaPos.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, negaranya menawarkan diri memimpin misi pelatihan militer baru NATO di Irak. Seperti dilansir The New Arab pada Rabu, (11/7), pada latihan militer tahun pertama ini, Trudeau siap menyediakan 250 pasukan dan helikopter selama proses latihan.

Trudeau mengatakan, langkah tersebut penting untuk membantu membangun ketahanan negara yang dilanda konflik dengan ekstremis. "NATO harus membangun demokrasi dan memperkuatnya."

Para pemimpin NATO diperkirakan akan mengumumkan kalau aliansi negara mereka akan meningkatkan pelatihan pasukan dan upaya membangun akademi militer di Irak, dengan ratusan pelatih beroperasi di luar Ibu Kota Baghdad.

Kanada Siap Pimpin Latihan Militer NATO di Irak
Kanada siap pimpin pelatihan militer NATO di Irak (RT)

Misi pelatihan militer selama dua tahun akan dipimpin oleh jenderal-jenderal Kanada. Pasukan Kanada akan menyediakan sebagian besar staf di kantor pusat.

Pasukan Kanada akan melindungi ratusan pelatih NATO lainnya yang diharapkan untuk memulai pekerjaan mereka pada bulan Juli. Saat ini Kanada memiliki sekitar 850 tentara dan awak pesawat di Irak. Pemerintah Kanada berkomitmen untuk menjaga pasukan Kanada di sana hingga 2019.

Bulan lalu, Kementerian Pertahanan Kanada mengumumkan akan mengakhiri dukungan pelatihan untuk pejuang peshmerga Kurdi Irak, menyusul ketegangan antara pasukan Pemerintah Irak dan para pejuang Kurdi di negara itu.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up