JawaPos Radar

Harun Yahya, Tokoh Kontroversial Turki Akhirnya Ditangkap

12/07/2018, 12:03 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Harun Yahya, Tokoh Kontroversial Turki Akhirnya Ditangkap
Bekas pengikut Harun Yahya, Ceylan Ozgul mengungkapkan, sejumlah kitten masing-masing membawa dua pistol (Hurriyet Daily)
Share this image

JawaPos.com - Adnan Oktar atau terkenal dengan nama Harun Yahya telah ditangkap oleh aparat Turki. Dia dituduh menjalankan sindikat yang terlibat dalam kejahatan termasuk kejahatan seksual, pelecehan dan spionase militer.

Harun Yahya ditangkap Unit Kejahatan Keuangan Polisi Istanbul dalam operasi di lima provinsi. Pasukan keamanan menyerbu kediaman penulis tersebut dan menyita gudang senjata, baju lapis baja, dan kendaraan lapis baja.

Dia tertangkap ketika dia mencoba melarikan diri. Selain itu, puluhan pengikutnya juga ditangkap. Sebanyak 235 surat perintah penangkapan dikeluarkan dalam tindakan keras terhadap para pendukungnya. Sudah ada 79 orang yang ditangkap dalam operasi yang didukung oleh helikopter.

Harun Yahya, Tokoh Kontroversial Turki Akhirnya Ditangkap
Kepolisian Turki tangkap Harun Yahya (Reuters)

Surat perintah penahanan menyatakan, dia dan pengikutnya melakukan puluhan tuduhan, termasuk pencucian uang, membentuk organisasi kriminal, pelecehan seksual terhadap anak-anak, penyiksaan, pencatatan ilegal data pribadi, dan spionase politik dan militer.

Harun Yahya terkenal di Turki lewat acara yang ditayangkan stasiun televisi miliknya sendiri A9. Dalam tayangan itu, Harun menampilkan para pengikutnya yang disebut 'anak kucing' atau kitten, yakni perempuan-perempuan berparas dan bertubuh bagus.

Perempuan tersebut rata-rata berwajah mirip, sepertinya mereka pernah menjalani operasi plastik dan berambut pirang. Berpakaian menonjolkan keindahan tubuh mereka, dan kerap bergoyang mengikuti musik, sesuai dengan arahan Harun. Kerap kali mereka bangkit dan menari.

Bekas pengikut Harun Yahya, Ceylan Ozgul mengungkapkan, sejumlah kitten masing-masing membawa dua pistol. Dilansir Hurriyet Daily News, pemerkosaan di antara mereka kerap terjadi. Tak jarang korbannya adalah anak-anak.

Ozgul menyatakan, dia bergabung dengan kelompok Oktar alias Harun Yahya pda 2006 dan melarikan diri pada 2017. "Saya melihat aktivitas mereka melawan negara dan aktivitas mereka di luar negeri. Secara emosional mengganggu saya, jadi saya kabur," kata dia dilansir dari Anadolu Agency.

Ia juga terkenal dengan bukunya yang berjudul, 'Atlas of Creation.' Tiap halaman menunjukkan argumennya mengapa teori Darwin itu salah. Dia menjelaskan tak ada mahluk yang berevolusi dan bahkan berani memberi hadiah 10 triliun lira jika ada yang membuktikan kepadanya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up