JawaPos Radar

Wah, Jejak Kaki Hewan Tertua Ditemukan di Tiongkok

08/06/2018, 14:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Wah, Jejak Kaki Hewan Tertua Ditemukan di Tiongkok
Jejak kaki hewan tertua di dunia (BBC)
Share this image

JawaPos.com - Jejak kaki tertua yang diduga berasal dari seekor hewan ditemukan di Tiongkok Selatan. Identitas makhluk yang membuat jejak berusia 546 juta tahun itu masih belum diketahui, tetapi jejak itu berasal dari periode ketika hewan purba dianggap telah berevolusi.

Fosil ini terdiri dari dua baris jejak dan diketahui berasal dari hewan yang berkaki. Penelitian ini dilakukan oleh tim Tiongkok dan sudah muncul di Science Advances.

Meskipun begitu, tim penelitian belum bisa menentukan makhluk ini memiliki dua kaki atau lebih. Namun mereka mengatakan, kemungkinan jejak kaki dibuat oleh hewan bilaterian, yaitu punya ujung depan dan belakang, juga sisi atas dan sisi bawah, paling tidak pada masa pertumbuhannya.

Jejak-jejak mereka ditemukan di daerah Yangtze Gorges di Tiongkok Selatan. Dari batu-batu yang ada di sekitar kemungkinan mereka berasal antara 551 juta dan 541 juta tahun.

"Jejak kaki yang diidentifikasi sebelumnya adalah antara 540 dan 530 juta tahun. Fosil-fosil baru itu mungkin mencapai 10 juta tahun," kata Co author dari Chinese Academy of Sciences, Zhe Chen dilansir, BBC, Jumat, (8/6).

Mereka diketahui sebagai kelompok yang memilili pelengkap. Diwakili oleh arthropoda, seperti lebah, annelida, seperti cacing berbulu, dan tetrapoda, seperti manusia. "Arthropoda dan annelida, atau leluhur mereka, adalah kemungkinan," tambah Chen.

Hewan itu tampaknya punah dari waktu ke waktu. Sebab pada jejaknya tampak terhubung ke liang yang mungkin telah digali ke dalam sedimen, mungkin itu cara mereka untuk mendapatkan makanan.

(iml/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up