JawaPos Radar

Refund Tiket Perhari Bisa 500-800 di Jakarta

14/06/2018, 17:45 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Refund Tiket Perhari Bisa 500-800 di Jakarta
Ilustrasi tiket kereta api. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Kereta Api Indonesia Daops 1 Jakarta mendata terdapat 500 sampai 800 tiket yang dikembalikan atau dibatalkan dalam satu hari selama arus mudik Lebaran 2018. Data tersebut diperoleh dari dua stasiun besar yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo menyampaikan hal ini wajar terjadi. Sebab, masyarakat memiliki keperluan masing-masing yang menjadi alasan pembatalan tiket maupun reschedule perjalanan.

"Kalau pembatalan satu harinya sekitar 800 tiket, baik dari Gambir dan Senen. Sampe kemarin rata-rata juga kurang lebih segitu, 500-800 dari pagi sampai keberangkatan terakhir," jelas Edy saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (14/6).

Jika pemudik ingin mengembalikan tiket, mereka hanya akan mendapatkan pengembalian sebanyak 75 persen dari harga tiket. Itupun baru bisa dibayarkan pada satu bulan berikutnya.

"Kalau refund tiket itu dikembalikannya 75 persen tapi 1 bulan berikutnya. Dilayani dari pagi sampe KA pemberangkatan terakhir," tuturnya.

Menurutnya, refund tiket dapat dikatakan mudah untuk diakses masyarakat. Sebab, di jaman yang serba canggih pembatalan tiket dapat dilakukan secara online.

"Jadi tiket online itu kalau dibatalkan langsung bisa beli lagi. Jadi, kalau mau reschedule ya langsung saja beli lagi, dan prosesnya cepat kok," terangnya.

"Karena online jadinya langsung terisi enggak sampai lama karena banyak ngebatalkan yang menunggu juga banyak. Misalkan yang ngebatal 800 yang menunggu bisa 1.500-2.000 orang. Jadi nggak akan ada tiket yang mubazir," tuturnya

Edy pun menyampaikan pembatalan tiket di Daop 1 bisa dilakukan di 7 stasiun. Tersedia di Stasiun Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Cikampek, Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Rangkasbitung, dan Stasiun Merak.

Namun walau begitu, tiket yang dijual di PT KAI saat ini pun sudah ludes di Stasiun Pasar Senen. Bahkan, walaupun masih tersedia beberapa di Stasiun Gambir tiket tidak tersedia banyak.

"Tiket untuk stasius Pasar Senen dari pagi sampai malem sudah habis semua. Kalau Stasiun Gambir beberapa tujuan masih tersedia, kayak Bandung terus Cilegon tapi tidak banyak," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up