JawaPos Radar

Pjs Wali Kota Bandung Solihin: Pemudik Jangan Jajan Sembarangan

14/06/2018, 15:36 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pjs Wali Kota Bandung Solihin: Pemudik Jangan Jajan Sembarangan
Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin usai mengecek kendaraan di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Kamis (14/6). (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menjelang hari raya Idul Fitri 2018, mayoritas masyarakat melakukan kegiatan mudik ke kampung halamannya. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin mengatakan kepada pemudik dari Kota Bandung untuk selalu berhati-hati dan mempersipkan segala sesuatu yang harus dibawa saat mudik. Kesehatan pengemudi pun harus benar-benar siap untuk melakukan perjalanan jauh.

Sebelum berangkat mudik, kata Solihin diperiksa kembali keadaan rumah. Yakni listrik, gas, jendela, dan lainnya yang sifatnya akan merugikan pemudik. Mengunci rumah dan melaporkan kepada RT atau RW setempat bahwa penghuni akan mudik selama beberapa hari ke depan.

"Ketika akan berangkat periksa kesehatan, dan bawa obat-obatan pribadi. Jangan lupa bawa makanan, jangan jajan karena ketika mereka berhenti di rest area tinggal makan karena sudah diabwa dari rumah," kata Solihin di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Kamis (14/6).

Selain bisa langsung makan tanpa harus mengantri di foodcourt rest area, membawa makanan sendiri akan lebih efesien dan makanan yang dikonsumsi kehigenisannya lebih terjaga.

"Kan kalau bawa makan sendiri, dimasak sendiri Insya Allah lebih bersih dibanding beli makanan kepada orang lain," paparnya.

Pemudik pun harus lebih bersabar saat mudik. Sehingga perjalanan pun aman dan nyaman. Jangan sampai karena ingin cepat sampai, pemudik melaju kendaraan di atas rata-rata. Dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Ingin cepat sampai, mereka berlomba (ngebut), cobalah sabar salin mengalah atau menghargai karena lebih aman. Terutama roda dua jangan dipaksakan, kalau sudah capek berhenti," pungkasnya. (ona/JPC)

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up