JawaPos Radar

Lebaran Pertama Setnov Di Penjara Sukamiskin, Begini Kata Kalapas

14/06/2018, 16:04 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Lebaran Pertama Setnov Di Penjara Sukamiskin, Begini Kata Kalapas
Terpidana kasus korupsi E-KTP Setya Novanto saat dipindahkan ke Lapas Sukamiskin, Bandung. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Terpidana kasus korupsi E-KTP Setya Novanto merasakan suasana berlebaran yang berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya momen lebaran 2018, mantan Ketua DPR ini harus merayakan hari kemenangan di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Sukamiskin, Bandung.

Pada hari idul fitri 2018, Setnov sebutan Setya Novanto akan merayakan di Lapas Sukamiskin. Namun perihal pihak keluarga akan berkunjung atau tidak, belum bisa dipastikan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Sukamiskin, Wahid Husen mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan udah menyambut lebaran, besok (15/6). Terkait keluarga Setnov hadir atau tidak pihaknya tidak buka suara. Kalapas tidak tahu menahu. Pasalnya momen lebaran pihaknya akan membuka kunjungan untuk seluruh keluarga dan kerabat para napi di Sukamiskin.

Lebaran Pertama Setnov Di Penjara Sukamiskin, Begini Kata Kalapas
Terpidana kasus korupsi E-KTP Setya Novanto saat dipindahkan ke Lapas Sukamiskin, Bandung. (Siti Fatonah/ JawaPos.com)

"Saya kurang tahu ya, karena kami tidak menerima kabar kelurga napi mana saja yang akan datang," kata Wahid Husen saat dihubungi JawaPos.com, Bandung, Kamis (14/6).

Saat ini Lapas Klas 1 Sukamiskin, Bandung sedang melakukan persiapan jelas hari raya Idul Fitri 2018. Persiapan ini sudah secara rutin dilakukan pihak lapas, sehingga persiapan pun biasa seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Iya seperti biasanya kaya tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada persiapan khusus baik di lapas maupun napi. Karena ini memang acara rutin setiap tahun," ujarnya.

Hanya saja yang berbeda, karena momennya dan pemilihan khotib dan imam salat Ied di Masjid Lapas Sukamiskin, Bandung pada Jumat (15/6) besok. Selain itu, persiapan menghadapi kunjungan keluarga para narapidana pun menjadi fokus utama. Sebab, kunjungan pada lebaran dipastikan selalu penuh.

"Persiapan kunjungan kan pastinya membeludak, terus kalau biasanya ada beberapa napi yang dapat remisi juga," ujarnya.

Setelah salat Ied, tak lepas dari acara halalbihal atau silaturhami antar petugas Lapas, narapidana, dan keluarga narapidana yang tengah berkunjung ke Lapas Sukamiskin. Pasalnya, di hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa ramadan satu bulan full, Lapas membuka open house untuk para keluarga dan kerabat napi.

"Tentu ada open house untuk para keluarga napi. Kita akan buka itu untuk semua napi itu termasuk Setia Novanto," ungkapnya.

Menu makanan lebaran pun akan menghidupkan momen lebaran di Lapas. Seperti ketupat, opor ayam, kue lebaran dan lainnya. Bahkan pihak keluarga yang berkunjung pun diperbolehkan membawa makanan menu spesial lebaran lainnya untuk seseorang yang dijenguknya.

Diketahui, nantinya akan disediakan tempat untuk saling bercengkrama antara napi bersama keluarga. "Kunjungan lebaran besok, sampai empat hari ke depan disediakan tenda dan tempat untuk berbincang," tuturnya.

Menurut Wahid Husen, setiap hari selalu ada kunjungan ke Lapas Sukamiskin. Namun akan berbeda dengan lebaran, sebab semua keluarga pasti berkunjung secara bersamaan.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up