JawaPos Radar

Arus Balik, Menhub Akan Kampanyekan Wisata Kuliner Lokasl di Rest Area

14/06/2018, 15:26 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Arus Balik, Menhub Akan Kampanyekan Wisata Kuliner Lokasl di Rest Area
Melebihi kapasitas muat, rest area 2017 A Tol Palikanci diberlakukan sistem buka tutup, Minggu (10/6). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menjelang arus balik Lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merencanakan kampanye kuliner lokal. Hal ini dilakukan untuk mendorong agar wisata kuliner lokal tetap hidup dan dikenal para pemudik luar kota.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan tetap memastikan kesiapan 24 rest area dan lahan parkir. Rest area tersebut akan ada di Semarang sampai ke Jakarta, 12 rest area dari Semarang ke Cikampek dan 12 rest area Cikampek sampai ke Jakarta.

"Nanti kita tampilkan di jalur-jalur fungsional itu sifatnya kita akan mempromote kota-kota sepanjang itu sebagai rest area, Tempat jual beli oleh-oleh dan makan," ujar Budi di Kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/6).

"Beberapa kota lainnya di Batang, Tegal, Brebes. Kalau memang mau di Pekalongan juga bisa tapi agak jauh," tambahnya.

Sedangkan, tol lain akan dibuat juga kampanye kuliner milir yang dimana masing-masing kota dikenal dengan kearifan lokalnya. Kemenhub dan Kepolisian akan bekerja sama dengan BUMN dan swasta setempat. Begitupula, Jasa Raharja, Jasa Marga dan Cipta Karya untuk mengkampanyekan agar kota-kota tersebut tidak ditinggalkan.

"Kita juga minta agar meningkatkan kualitas dari masing-masing rest area artinya kalau memiliki toilet bisa lebih bersih dan dijaga dengan baik. Kita akan menghubungi bupati dan walikota untuk kampanye dan kesempatan ini untuk proaktif dalam kegiatan ini," jelasnya.

Begitupula dengan Pertamina, Budi meminta agar jelang arus balik mudik Pertamina bisa melakukan servis yang maksimal. Sehingga, ketika waktunya tiba para pengguna rest area tidak merasa kekurangan.

"Titik balik hilir itu di hari ke 2, nanti detailnya oleh Kakorlantas jam berapa akan ditentukan. Hari pertama arusnya masih mudik hari kedua balik mudik dan itu ditentukan oleh Kakorlantas," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten bidang Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Deden Juhara pun tengah memantau agar pintu masuk dari rest area itu harus dijaga dengan suatu kordinasi yang baik.

"Kita akan menambah kekuatan anggota Polri dan yang lainnya. Sehingga diharapkan pemudik yang akan balik merasa aman dan akan diberikan oleh Kemenhub nantinya oleh kota ada kulinernya," jelas Deden.

"Jadi nanti akan diimbau ke walikota bupati untuk pemudik yang akan arus balik juga mampir. Kita berharap agar potensi di daerah bisa tetap hidup," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up