JawaPos Radar

Save Money! Lakukan 4 Langkah Persiapan Utama untuk Travelling

06/06/2018, 09:40 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Save Money! Lakukan 4 Langkah Persiapan Utama untuk Travelling
Ketika travelling dibutuhkan persiapan matang. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pengeluaran yang berlebihan kadang dirasakan para traveler ketika melakukan perjalanan liburan. Biasanya, biaya yang bengkak selama perjalanan terjadi karena kurangnya persiapan. Baik itu pejalanan di dalam negeri maupun ketika berkunjung di negara lain. 

Untuk itu, diperlukan rencana yang matang untuk meminimalisasi budget perjalanan. Seperti yang dilakukan Rachel Theresia, seorang travel blogger. Biasanya, untuk menghindari pengeluaran yang membengkak, ia pun menyusun anggaran yang tepat terutama tiket perjalanan.

Setidaknya, ada empat langkah yang dilakukan Rachel agar travelling menyenangkan tanpa biaya berlebih. Apa saja?

Save Money! Lakukan 4 Langkah Persiapan Utama untuk Travelling
Rachel Theresia saat Travelling ke Bali. (Intagram)

1. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Penting untuk melakukan reservasi tiket pulang pergi dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Setelah menemukan tanggal yang pas, segera lakukan pemesanan tiket. Untuk mendapatkan harga yang miring, wajib untuk mengikuti promo yang ada semua akun tiket.

Biasanya Rachel sering mendapatkannya informasi promo ini dari beberapa akun di sosial media line, seperti dewa tiket promo dan skywandere. Kedua akun ini menurutnya terpercaya dalam urusan menjual tiket murah, terutama di tempat wisata dalam negeri.

"Karena ngapain sih wasting money buat berangkat doang. Dulu tau dari temen soal promo di-line. Waktu itu maret tahun lalu coba dulu trip ke bali. Dan ternyata bener, aku PP cuma kena Rp 400 ribu," ungkapnya.

2. Siapkan Penginapan

Yup, salah satu hal penting lainnya yang harus disiapkan adalah penginapan. Dengan memesan penginapan jauh hari, Anda bisa memilih tempat dan budget yang sesuai. Rachel sendiri biasanya memesan penginapan lewat situs Airbnb. Ini adalah sebuah online marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewa kamar pribadi, apartemen ataupun rumah kepada orang lain.

Biasanya, orang-orang menyewakan rumahnya secara harian seperti kamar hotel dan villa. Keunggulannya selain harga sewa murah, fasilitas yang didapatkan juga tak kalah dari hotel konvensional.

3. Transportasi

Khusus transportasi sifatnya bisa opsional. Apabila mengunjungi kawasan wisata alam, seperti Bali dan Lombok bisa memilih armada transportasi yang praktis, seperti motor. Cari informasi seputar persewaan motor di daerah tersebut yang aman dan murah. Jika perlu ajak teman yang tinggal di daerah tersebut untuk membantu mencarikan. Biasanya akan lebih murah.

4. Manfaatkan Orang Sekitar Untuk Berfoto

Sangat penting untuk mengabadikan moment ketika travelling. Apabila pergi beramai-ramai bersama teman, bisa meminta bantuan mereka untuk mengambil foto yang pas. Namun jika solo travelling, dapat meminta bantuan orang-orang disekitar untuk memfotokan. Jadi tak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up