JawaPos Radar

5 Tips Buat Newbie Jika Ingin Libur Lebaran ke Luar Negeri

03/06/2018, 10:53 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
5 Tips Buat Newbie Jika Ingin Libur Lebaran ke Luar Negeri
Lebaran bisa jadi waktu yang tepat untuk liburan ke luar negeri. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Libur Lebaran tahun ini lebih panjang dari sebelumnya. Sebab pemerintah memberikan cuti bersama dengan waktu yang lebih panjang. Tentunya, momen ini dimanfaatkan oleh para pecinta traveling untuk berjalan-jalan.

Salah satu destinasi utamanya bisa ke luar negeri seperti mengunjungi Singapura, Hong Kong, Thailand, dan Malaysia. Tapi, ada berbagai macam persiapan yang wajib dilakukan sebelum terbang ke negara lain. Apalagi bagi pelancong yang baru pertama kali liburan lebaran di luar negeri tentu masih membutuhkan panduan.

"Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke luar negeri. Didukung pemberian cuti bersama yang diberikan pemerintah Indonesia serta libur sekolah bagi pelajar, maka libur Hari Raya Lebaran menjadi momen yang tepat untuk merayakan liburan," kata KLOOK Southeast Asia Marketing Lead Marcus Yong baru-baru ini.

5 Tips Buat Newbie Jika Ingin Libur Lebaran ke Luar Negeri
Bawa barang bawaan yang benar-benar dibutuhkan saat perjalanan lebaran ke luar negeri. (Istimewa)

Jangan sampai ketika sudah di sana, justru kebingungan dan tersesat. Untuk memudahkan perjalanan perdana saat di luar negeri, Marcus memberikan lima tips bagi Newbie atau New Comer. Apa saja?

Banyak Baca

Marcus menyarankan agar para pelancong banyak membaca informasi atau riset ke negara tujuan sebelum tiba. Sehingga mereka bisa mengetahui apa saja spot-spot wisata di sana.

"Banyak riset yang harus dilakukan. Seperti menggali banyak informasi. Apalagi tak semua orang di negara lain bisa berbahasa Inggris. Maka kita harus banyak tahu budaya lokal setempat," ujar Marcus.

Eksplorasi

Saat sudah di negara lain, carilah tempat-tempat menarik, jelajahi berbagai sudut, agar perjalanan menjadi menyenangkan. Jangan hanya terpaku pada satu tempat wisata atau kuliner yang itu-itu saja karena tak berani mengeksplorasi.

"Jangan sia-siakan waktu dan kesempatan. Eksplorasilah, dan berkenalan dengan banyak orang. Jika perlu buat grup di sana, untuk menjelajahi tempat-tempat menarik," kata Marcus.

Bicara Pada Penduduk Setempat

Berkenalan dengan penduduk setempat wajib dilakukan. Sebab dari mereka-lah kita banyak tahu seputar barang-barang khas, masakan tradisional, dan daerah wisata yang menarik.

"Jangan terlalu mandiri ketika disana. Talk to local itu penting. Karena mereka akan membantu kita dalam banyak hal," ujarnya.

Manfaatkan Teknologi

Marcus menegaskan kemajuan teknologi saat ini membuat traveller tak perlu takut lagi tersesat. Karena ada aplikasi dan Google Map yang bisa membantu kita kapanpun di manapun.

"Kita tak perlu lagi tourist guide, cukup smartphone dan Google Map," katanya tertawa.

Hemat, Jangan Boros

Tetap kontrol dan kendalikan uang saat berjalan di sana. Jangan terlalu khilaf membelanjakan semua uang. Hitung semua biaya akomodasi dan tiket perjalanan.

"Tiket dan akomodasi itu yang paling utama ya dihitung. Setelah itu harus tahu biaya hidup di negeri tempat di mana kita akan singgah, barulah dirinci biaya jalan-jalan, perjalanan, kuliner, dan oleh-oleh," tegasnya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up