JawaPos Radar

Tampil Chic Saat Lebaran Dengan Busana Tenun Bergaya Cleopatra

14/06/2018, 12:25 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Tampil Chic Saat Lebaran Dengan Busana Tenun Bergaya Cleopatra
Busana berbahan tenun semakin cantik dikenakan saat Lebaran. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Berbagai kebutuhan terus dipersiapkan menjelang hari Raya Idul Fitri. Salah satunya menyiapkan busana yang layak digunakan saat silaturahmi. Jika umumnya baju lebaran identik dengan gamis, kini saatnya perempuan bisa tampil beda dengan perpaduan outer dan celana panjang.

Menyulap kain tenun ke dalam gaya ready to wear yang cantik, Rizky Aditya Rahmad seorang desainer muda asal Jakarta berhasil memberikan pilihan baju lebaran yang lebih fleksibel namun tetap mengikuti aturan syariat. Menggunakan bahan dasar tenun Troso dari NTT ia pun mengeluarkan 3 lini busana perempuan terbaru bertema 'Semusim'.

"Inspirasinya memang lebih mengikuti trend yang ada sekarang. Saya melihat wanita urband masa kini bisa tampil stylist dengan mix and match baju dari bahan tradisional tapi punya desain yang metropolis," ungkapnya kepada JawaPos.com pada acara Modest Fashion Project 2018 di Kota Kasablanka, Jakarta Sabtu (9/6).

Tampil Chic Saat Lebaran Dengan Busana Tenun Bergaya Cleopatra
Busana berbahan tenun semakin cantik dikenakan saat Lebaran. (Istimewa)

Menggabungkan unsur tradisional dengan nafas modern, ia sukses menuangkan rancangannya ke dalam palet warna yang elegan, seperti hitam, emas, kuning dan sedikit sentuhan hijau. Bahan tenun yang diproduksi di Jepara, Jawa tengah juga berpadu mewah dengan bahan halus seperti duchess straight warna hitam.

"Tenun itu memang proses pembuatannya lama dan rumit, karena kita menggunakan mesin tradisional ATBM dengan benang-benang khusus. Untuk ini kami percayakan kepada penenun lokal," lanjutnya.

Seperti DNA nya yang ingin menggabungkan wastra Nusantara ke gaya lebih modern, ia pun mengaku terinspirasi dari fashion Cleopatra. Untuk itu potong busananya kali ini didominasi dengan gaya Mesir seperti rompi bolero dan kemeja lengan panjang dengan belt.

Tak hanya itu ia pun juga memasukkan unsur Mesir yang khas seperti penggunaan tudung peci ukuran besar yang dikenakan para model. Menurutnya konsep ini menjadi menarik karena bertepatan dengan momentum Hari Raya.

"Koleksi kali ini sebenarnya saya buat tidak khusus buat wanita berjilbab saja, yang tidak berhijab pun jika ingin tampil tertutup bisa menggunakan karena modelnya mix and match. Jadi pas kalo buat lebaran," tutupnya.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up