JawaPos Radar

Arus Mudik Lebaran 2018

Hindari Calo, Ini Syarat Pemudik Jika Ingin Beli Tiket Kapal Pelni

13/06/2018, 09:10 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Hindari Calo, Ini Syarat Pemudik Jika Ingin Beli Tiket Kapal Pelni
Pemudik roda empat menyeberang di Pelabuhan Merak. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Besarnya lonjakan penumpang saat musim mudik bisa menjadi peluang calo untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Untuk itu Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memiliki cara tersendiri untuk mencegah penjualan tiket dengan harga tak wajar oleh calo.

Kepala Pelni Cabang Kota Tarakan, Haeru Rijal menjelaskan, salah satu cara untuk menghindari adanya calo tiket adalah dengan formulir pembelian tiket. Para calon pembeli diwajibkan untuk mengisi formulir yang akan disetor ke loket sebelum melakukan proses pembelian tiket.

Di dalam formulir ini, calon pembeli diwajibkan untuk menulis indentitas lengkap beserta Nomer Induk Kependudukan (NIK) KTP atau SIM atau paspor atau Kartu Keluarga (KK).

"Kalau NIK dan KTP tidak ada, bisa melalui nomer di SIM, kalau tidak bisa lagi bisa lewat paspor dan yang terakhir bisa diisi dengan KK. Jika tidak diisi sama sekali maka loket tidak akan melayani proses pembelian tiket calon penumpang tersebut," ujarnya seperti dikutip Kaltara Post (Jawa Pos Grup), Rabu (13/6).

Selain itu, dia beserta jajarannya pun selalu melakukan pemantauan setiap proses pembelian tiket yang dilakukan di kantor cabang Pelni. Terlihat di ruangannya terpampang monitor yang menampilkan proses pembelian tiket di loket.

"Jadi kami juga memonitor secara terbuka, dari ruangan kantor saya sudah bisa terlihat jelas masyarakat yang melakukan pembelian tiket di loket," kata Haeru.

Dia juga mengakui, proses pembelian tiket dengan mengisi formulir ini baru saja diterapkan di tempatnya. Lebih tepatnya, prosedur tersebut baru dilakukan pdaa tahun ini, sedangkan tahun sebelumnya tidak pernah menerapkan pola serupa.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up