JawaPos Radar

Mau Mudik Naik Helikopter? Ini Tarifnya

14/06/2018, 17:03 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Mau Mudik Naik Helikopter? Ini Tarifnya
Ramadhan dan Lebaran kali ini, lewat Helicity, Whitesky menggelar program (Hana Adi Perdana / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Berbagai macam pilihan moda transportasi tersedia saat mudik lebaran. Mulai dari bus, kapal, pesawat, sampai kendaraan pribadi. Bagaimana jika mudik dengan helikopter? selain antimainstream, mudik dengan kendaraan tersebut juga memiliki sensasi luar biasa.

Selain itu, tarif yang dikenakan juga tentunya berbeda dengan transportasi massa lainnya. Kira-kira berapa ya?

CEO PT Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja mengatakan, tarif yang ditawarkan untuk menikmati jasa helikopter ini adalah sebesar Rp 12 juta untuk tipe Bell 505 dengan kapasitas 4 penumpang dan Rp 16 juta untuk tipe Bell 429 dengan kapasitas 6 penumpang.

"Ini tarif promo yang kita tawarkan. Promonya itu dari 1 Juni - 30 Juni 2018," ujarnya di Helipad Helicity, Wisma Aldiron, Jakarta, Kamis (14/6).

Jika tidak promo, untuk tipe Bell 505 tarif yang dikenakan sebesar Rp 16 juta. Sedangkan tipe Bell 429 sebesar Rp 30 juta. Harga tersebut berlaku untuk sekali penerbangan.

"Nah untuk rute favoritnya ini Bandung. Tapi kita juga ada rute lain yaitu ke Bogor, Sumedang, Sukabumi, Garut dan ada juga bisa ke Semarang," tuturnya.

Dia menjelaskan, pengguna jasa helikopter ini kebanyakan dari kalangan keluarga. Biasanya, mereka menginginkan liburan dengan alternatif yang cepat saat dibutuhkan.

"Rata-rata penumpang keluarga. Namun saya tidak melihat ini sebagai transportasi massa, tapi bisa menjadi alternatif saat dibutuhkan cepat," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Whitesky Aviation Ari Nurwanda menuturkan, untuk Ramadhan dan Lebaran kali ini, lewat Helicity, Whitesky menggelar program “Ramadhan Special Rate” untuk rute Jakarta-Bandung. Program dengan tarif khusus ini berlaku dari 1 Juni hingga 30 Juni 2018. 

Program ini menjadi bagian dari program Helicity untuk mendukung mudik dan liburan Lebaran yang aman dan nyaman. Lalu, apa keistimewaan menggunakan helikopter untk mudik nanti?

Menurut Ari, musim mudik umumnya arus lalu lintas di darat sangat sibuk. Untuk menempuh kota kembang saja bisa dipastikan lebih dari 4 jam. Sedangkan, mudik dengan helikopter waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya 40 menit dan tanpa kena macet.

"Kalau misalnya peak season sampai 12 jam hingga 13 jam. Cuma 40 menit, itu saja kelebihannya," terangnya.

Kehadiran taksi udara ini tentu menjadi salah satu alternatif transportasi. Berkaca dari musim mudik tahun sebelumnya, banyak penumpang yang tidak kebagian tiket jalur darat karena ludes terjual. "Helicity ini bisa menjadi salah satu transportasi alternatif itu, terutama untuk mudik Lebaran nanti," tambahnya. 

Helicity juga melayani rute penerbangan di wilayah Jakarta sekitarnya. Masyarakat bisa diajak mengunjungi tempat-tempat wisata seperti di Kepilauan Seribu dengan menggunakan helikopter. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp 5,6 juta untuk 4 orang.

Sejak diluncurkan Desember tahun lalu, beragam tujuan telah dilalui Helicity mulai dari Bandung, Bogor, Sukabumi dan Cirebon. Tentu saja juga melayani keliling Jakarta. Para penggunanya pun beragam, mulai dari keluarga, artis hingga pengusaha. Jumlah penerbangan Helicity mencapai 40 penerbangan per bulan.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up