JawaPos Radar

Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih Bos Besar Freeport Untuk Indonesia

13/07/2018, 03:20 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih Bos Besar Freeport Untuk Indonesia
CEO Freeport McMoran Richard Adkerson (Wall Street Journal)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Indonesia dan Freeport McMoran inc. (FCX) menandatangani HoA (Head Of Agreement) ksepakatan harga divestasi saham kepemilikan PT Freeport Indonesia. Itu artinya, saham milik Indonesia akan meningkat dari 9,36 persen menjadi 51 persen. 

Nantinya, pemerintah melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) harus membayar sebesar USD 3,85 miliar atau sebesar Rp 53,9 triliun kepada Freeport.

Dari angka tersebut, sebesar USD 3,5 miliar akan dibayarkan kepada Rio Tinto, sementara sisanya sebesar USD 350 juta dibayarkan kepada PT Indocoopper Investama.

CEO Freeport McMoran Richard Adkerson menilai bahwa kesepakatan ini menjadi momentum penting bagi semua pihak. Setelah berlangsung cukup lama dalam proses negosiasi, dirinya bersyukur telah terjadi kesepakatan.

"Untuk waktu yang sangat lama sekarang, kami telah bekerja dengan pemerintah untuk menangani masalah yang terkait dengan persinggungan kontrak kerja historis kami, yang mengatur operasi kami selama 50 tahun, dan UU penambangan tahun 2009," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7).

Diakuinya, baik Freeport maupun Indonesia telah membahas kesepakatan ini dalam 6,5 tahun terakhir. Ketidaksepahaman itu akhirnya berakhir pada hari ini. Sehingga, sejarah untuk mengembalikan Freeport Indonesia ke bumi pertiwi akan benar-benar terealisasi.

"Hari ini hasil dari pertemuan yang sangat baik saya secara pribadi dengan Menteri (ESDM) Jonan, Menteri (Keuangan) Sri Mulyani ketika mereka datang ke New York musim panas lalu. Kami mencapai kebuntuan di awal tahun 2017, dan saya duduk dan menghabiskan waktu bersama mereka masing-masing, mendengarkan apa tujuan dari pemerintah dan presiden," jelas dia.

"Saya mendengarkan dengan sangat hati-hati dan pada akhir Agustus kami membuat kerangka kerja, untuk mencoba memenuhi tujuan tersebut dengan cara yang akan melestarikan operasi yang telah kami dirikan di Papua. Saya pikir hari ini adalah langkah yang sangat positif dan penting sepanjang jalan itu. Dan saya ingin mengucapkan terima kasih secara pribadi kepada masing-masing menteri dan staf mereka, banyak dari mereka duduk di sini," tandasnya. 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up